Kejari Tahan Lima ASN Sumba Timur

Kajari Sumba Timur, Octo Rikardo (tengah masker biru) saat menjelaskan penetapan dan penahanan lima orang tersangka kasus kelebihan bayar pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Timur. Gambar diabadikan Selasa (18/5). Foto: Jumal/VN
Kajari Sumba Timur, Octo Rikardo (tengah masker biru) saat menjelaskan penetapan dan penahanan lima orang tersangka kasus kelebihan bayar pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Timur. Gambar diabadikan Selasa (18/5). Foto: Jumal/VN

 

 

 

 

Jumal Hauteas

Sebanyak lima orang Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Timur ditahan jaksa penyidik Kejaksaan Negeri Sumba Timur, Selasa (18/5) tengah malam. Kelima ASN ini ditahan penyidik karena diduga telah menyelewengkan gaji guru dan pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Timur tahun angaran 2019 lalu sebesar Rp 7.306.130.900.

Kelima ASN yang ditahan jaksa penyidik ini merupakan mantan pejabat pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Timur dan juga pada Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Sumba Timur yakni, MM, AR, YR, HP dan YW. Lima ASN aktif ini akan menjalani masa tahanan penyidik selama 20 hari ke depan terhitung sejak Selasa (18/5) hingga Minggu (6/6) mendatang.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sumba Timur, Octo Rikardo kepada awak media di Kantor Kejari Sumba Timur, Selasa (18/5) malam menjelaskan setelah melakukan proses pengumpulan barang bukti, alat bukti hingga pemeriksaan saksi-saksi, penyidik Kejari Sumba Timur menaikkan status lima orang saksi menjadi tersangka dalam kasus ini dan lima orang tersangka ini langsung ditahan.

“Kelima tersangka ini kita tahan dan akan kita titipkan di ruang tahanan Polres Sumba Timur,” jelasnya.
Octo menambahkan karena kelima tersangka masih berstatus sebagai ASN aktif dan sebagai bagian dari menjunjung tinggi asas praduga tidak bersalah, pihaknya meminta awak media untuk tidak menuliskan nama lengkap, jabatan maupun hubungan kekerabatan kelima tersangka dalam pemberitaan.

“Para tersangka kita kasih membelakangi teman-teman wartawan, karena walau mengenakan masker kalau dipotret secara dekat, pasti ada kerabat yang mengenali,” ungkapnya.

Octo merincikan kerugian negara yang diduga telah diselewengkan oleh kelima tersangka ini terdiri dari dua kelompok yakni pembayaran yang dilakukan atas nama pegawai yang sudah pensiun, meninggal dunia, ASN pada dinas lain, cuti diluar tanggungan negara, dan lainnya yang sesuai dengan penghitungan kerugian negara oleh tim audit dari Inspektorat Kabupaten Sumba Timur sebesar Rp 919.968.800, dan kekurangan bayar gaji guru TK, SD, SMP dan non guru yang kekurangan bayarnya sebanyak Rp 6.386.152.100.,

“Jadi total kerugian negara sesuai hasil perhitungan sebanyak Rp 7.306.120.900,” jelasnya.

Kasi Pidsus Kejari Sumba Timur, Imam Rusli menambahkan berdasarkan alat bukti yang ada saat ini penyidik menetapkan lima ASN ini sebagai tersangka dan akan segera diproses berkasnya guna didaftarkan ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Kelas 1A Kupang untuk disidangkan.

“Kalau ada bukti-bukti baru yang terungkap dalam persidangan nanti, tidak menutup kemungkinan akan ada lagi tersangka baru,” ungkap Rusli.
Pantauan media ini, ikut mendampingi Kajari Sumba Timur dalam jumpa pers kali ini yakni tim penyidik, yang terdiri dari Kasi Pidsus Imam Rusli,

Kasi Pidum Muhammad Rony, Kasi Intel Doniel Ferdinan, Kasi Datun Rico dan Kasi Barang Bukti Vendy Trilaksono.
Kuasa hukum para tersangka, Kusaeri menjelaskan saat ini pihaknya tidak akan melakukan upaya hukum terhadap penetapan dan penahanan para tersangka. Piihaknya justru bersiap untuk melakukan pembuktian di persidangan nantinya.

“Belum ada tindakan hukum saat ini karena kita akan mengikuti proses persidangannya di Pengadilan Tipikor Kupang,” jelas Kusaeri yang ditunjuk negara untuk mendampingi para tersangka.(mg-02/ari)

ASN Sumba Timur yang Ditahan:
1. YR : Pembantu Bemdahara Pengeluaran Gaji BKAD tahun 2019
2. HP : Bendahara Pengeluaran Pengelola gaji PNSD 2019
3. MM : Bendahara Pengeluaran Pembantu Dinas Pendidikan 2019
4. AR : Bendahara Pengeluaran Pembantu Dinas Pendidikan 2019
5. YW : Kadis Pendidikan Kabupaten Sumba Timur tahun 2019

Leave a Comment