Keluarga Sehat Sejahtera Tanda Bangsa Yang Maju

Putra Bali Mula

Dalam lingkungan keluarga, mempelajari berbagai hal seperti karakter, disiplin, nilai-nilai kebenaran, toleransi, gotong royong dan sebagainya. Untuk itu, pembangunan keluarga menjadi hal yang paling penting bagi kemajuan bangsa.

dr. Christian Widodo, dokter umum dan anggota DPRD Provinsi NTT mengatakan nilai-nilai itu yang akan dijadikan bekal untuk masa depan anak kelak sebagai generasi penerus bangsa yang berkualitas.

“Untuk mewujudkannya orang tua perlu membangun pola asuh yang tepat untuk membentuk karakter yang berkualitas di kemudian hari,” tanggap dia saat dihubungi VN terkait peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas), Selasa (29/6).

Keluarga yang sehat, bahagia dan sejahtera, lanjut Christian, adalah cerminan dari suatu bangsa yang maju dan oleh karenanya membangun ketahanan keluarga adalah hal penting.

Harganas diperingati pada 29 Juni setiap tahunnya. Tahun ini, tema Harganas adalah “Keluarga Keren Cegah Stunting” dan karenanya stunting menjadi sorotan.

Menurut dia, untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkualitas maka pencegahan stunting menjadi sangat penting, penanganan stunting harus dilakukan dari hulu sampai hilir.

“Bukan saja saat bayi lahir tapi sejak calon orang tua akan menikah mereka harus dibekali dengan pengetahuan bagaimana mencegah stunting, peran ayah juga penting, di samping itu pemerintah harus memiliki inovasi dan terobosan-terobosan baru dengan pendekatan sosial budaya msayarakat kita,” ujarnya.

Dalam rangka peringatan Harganas di masa pandemi Covid-19 dan dengan masalah-masalah yang dihadapi bangsa kita saat ini maka perilaku hidup bersih dan tenggang rasa sangat penting diterapkan.

“Harapan saya yang paling relevan dengan situasi bangsa saat ini adalah keluarga-keluarga Indonesia terkhusus keluarga-keluarga di NTT agar lebih mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada anggota keluarga, nilai-nilai berbagi kepada sesama dan rasa toleransi antar umat beragama yang tinggi,” tutupnya.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dalam peringatan Harganas secara virtual melalui channel YouTube BKKBN menyebut keluarga adalah penentu suksesnya program pemerintah. Untuk itu gizi bagi ibu hamil, menyusui dan bayi hingga balita mendapatkan asupan yang cukup.

“Keluarga adalah yang paling paham keadaan riil di lapangan dan punya peran besar,” kata dia. (bev/ol)

Leave a Comment