Klaster Kantor Mengganas, Sikka Siaga Covid-19

Jubir Satgas Covid 19 Sikka, dokter Clara Franchis, saat memberikan arahan sejumlah ASN kontak erat yang hendak melakukan rapid antigen di Labkesda Selasa (22/6) siang. Foto: Yunus/VN
Jubir Satgas Covid 19 Sikka, dokter Clara Franchis, saat memberikan arahan sejumlah ASN kontak erat yang hendak melakukan rapid antigen di Labkesda Selasa (22/6) siang. Foto: Yunus/VN

Yunus Atabara

Klaster kantor Covid-19 di Kabupaten Sikka, NTT mengganas menyasar ASN. Sejumlah pejabat lingkup pemerintahan Kabupaten Sikka terkonfirmasi positif Covid-19. Satgas Covid-19 siaga melakukan tracking kontak erat di kantor-kantor pemerintahan.

Juru bicara Satgas Covid 19 Kabupaten Sikka dokter Clara Franchis kepada VN Selasa (22/6) mengatakan angka positif Covid-19 bertambah 21 orang dari hasil tracking kontak erat yang terkonfirmasi positif.

“Ini merupakan rekor kasus positif terbanyak dalam sehari di tahun 2021 ini, waspadai klaster kantoran. Sebagian besar adalah kontak erat kasus positif dari lima pejabat yang terkonfirmasi,” kata dokter Clara

Dalam pemeriksaan rapid antigen, terdapat 5 kasus baru di kantor Inspektorat, 1 kasus di kantor Bapelitbang serta 2 kasus di Kantor Kesehatan melalui pemeriksaan di UPT Labkesda Dinas Kesehatan sejak pukul 10.00 Wita pagi terhadap 201 orang kontak erat.

“Angka ini sangat mungkin akan bertambah lagi karena belum ada laporan dari laboratorium lainnya,” kata Clara.

Dalam pekan terakhir total kasus positif sebanyak 73 kasus. Sehingga total kasus sementara 1.173, kasus, sedangkan yang dirawat di ISO RS TC Hillers 5 kasus, karantina terpusat 5 kasus dan 63 lainnya karantina mandiri.

Ia menegaskan semua pihak perlu bersatu padu untuk melawan Covid-19 dalam menerapkan prokes agar dapat memutuskan mata rantai Covid-19.

“Covid -19 dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Semua kita bertanggung jawab memutus mata rantai penularan. Jangan menyerah, pasrah dan cuek. Hanya kita sendiri yang bisa menyelamatkan diri sendiri,” tambah Clara. (bev/ol)

Leave a Comment