Kontingen Peparnas NTT Torehkan Sejarah di Nomor Lari 800 Meter

Pelatih Tim NPC NTT Sabrina, saat pengalungan medali emas, perak dan perunggu kepada atlet NTT, Kamis 11 November 2021, di Papua. Dok. Istimewa

Simon Selly

 

Kontingen National Paralympic Committee (NPC) NTT, berhasil menorehkan sejarah, di mana untuk kategori putra dan putri atlet NTT berhasil meraih medali emas, perak dan perunggu pada lari jarak 800 meter.

Hal tersebut disampaikan Ketua NPC NTT, Victor Haning, ketika dikonfirmasi VN, Kamis (11/11) petang.

Victor menjelaskan bahwa perolehan prestasi tersebut merupakan suatu sejarah dimana untuk kategori lari jarak 800 meter baik putra maupun putri berhasil memberikan yang terbaik untuk NTT.

“Yang lebih seru dan sejarah dicetak oleh para atlet T20 Putra dan Putri untuk kategori lari jarak 800 meter, dimana NPC NTT berhasil memborong medali emas, perak dan perunggu, itu untuk semua baik putra dan putri,” ujarnya.

“Untuk medali Emas T20 putri 800 meter, diraih oleh Marni Natonis, medali perak diraih oleh Stivani Riti dan Perunggu oleh Yosefina Abi. Sedangkan di Lari 800 meter putra T20, medali emas diraih oleh Alfin Nomleni, medali perak diraih oleh Esron Tamonob dan medali perunggu diraih oleh Leksi Kase,” jelas Victor.

Selain itu, atlet NPC juga berhasil meraih medali perunggu yang dihasilkan oleh Cristoforus Carles Renggo dari nomor lempar cakram F40-41 putra.

Medali perak juga diraih Yermias Babbis nomor lari 800m T37 putra, Marsela Fallo meraih satu perak dari lari 200 meter T13 putri, Stevania Maimani dapat perak dari 200 meter T35-36 putri, dan Juna Tamonob juga meraih perak di nomor Lari 800 meter T13 putra.

“Jadi pertandingan hari ini atlet NPC NTT, berhasil menorehkan 2 medali emas, 6 medali perak dan 3 medali perunggu,” katanya.

Ia juga menyampaikan syukur atas dukungan seluruh masyatakat NTT, yang terus mendukung atlet-atlet NPC NTT dalam pertandingan pada Peparnas ke XVI yang digelar di Papua, namun tidak menutup kemungkinan atlet NTT akan menambahkan prestasi di pertandingan berikutnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTT sekaligus CDM Kontingen NTT Josef Nae Soi, yang turut dikonfirmasi merasa bangga atas prestasi yang diberikan oleh atlet-atlet NTT. Walaupun hanya mengikuti satu cabang olahraga yaitu atletik namun para atlet memberikan yang terbaik dalam event tersebut.

“Para atlet NTT, hanya mengikuti 1 cabang olahraga yaitu atletik anak-anak sudah berjuang keras dan saya bangga kepada anak-anak kita hari ini,” kata Nae Soi.

Selain itu, ketua CDM juga merasa bangga dan terharu atas torehan atlet putra maupun putri pada nomor lari 800 meter yang dimana atlet NTT, berhasil meraih medali dari emas, perak dan perunggu.

Hingga kini kontingen NTT telah mengantongi 27 medali yang terdiri dari 4 emas, 12 perak dan 11 medali perunggu. (*/ol)

Leave a Comment