Kreativitas TCP Tetap Perhatikan Situasi Pandemi

Erwin Yuan Pendiri Timor Creative People

Putra Bali Mula

Erwin Yuan merupakan pendiri Timor Creative People atau TCP dan Padu Padan Tenun. Kegiatan-kegiatan kreatif terkait tenun dari TCP dan Padu Padan Tenun selama ini disiasati konsepnya sebaik mungkin melihat situasi pandemi.

Belum lama ini Padu Padan Tenun, kata dia, mengikuti Kilau Permata Flobamora di Labuan Bajo pada 18 Juni lalu yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia menampilkan sekitar 20 busana rancangannya yang diperagakan model-model Timor Creative People (TCP).

Ia mengakui, pada 2020 sejak awal pandemi lebih terkendala dibandingkan dengan masa new normal ini. Tahun sebelumnya lebih sebatas pemotretan produk untuk promosi ke media massa dan media sosial.

Berbeda dengan masa new normal atau kebiasaan kehidupan normal baru, dimana sudah mulai ada fashion show dan kegiatan-kegiatan kreatif lainnya di 2021 ini. Sempat juga pihaknya terlibat dalam kegiatan terkait promosi tenun yang diprakarsai Bank Indonesia Perwakilan NTT. Model-model dari TCP dilibatkan dalam momen itu.

Pihaknya tetap merancang kegiatan kreatif tahun ini dan ke depan rencananya akan ada fashion tenun. Saat ini masih dikondisikan konsepnya berkaitan dengan situasi pandemi.

“Sementara untuk konsepnya tapi dari anggota sendiri siap untuk mempromosikan tapi saat pandemi ini kita perhitungkan kegiatan bisa dilakukan langsung atau tidak,” sebutnya.

Untuk anggota aktif saat ini adalah 22 dari 30 anggota TCP. Sedangkan yang lainnya kebanyakan telah bekerja dan sudah berumahtangga. Audisi terakhir untuk anggota baru, kata dia, adalah pada 2018 lalu.

“Kasihan juga kalau dibuka penerimaan tapi kegiatan minim sekali saat pandemi ini,” kata dia.

Pihaknya saat ini hanya membuat member TCP atau orang-orang yang mencintai tenun bisa tag atau menandai postingan di Instagram TCP untuk membantu promosi tenun yang ada. (Yan/ol)

Leave a Comment