Masa Pelatihan Dasar 160 CPNS Tiga Kabupaten Berakhir

Putra Bali Mula

 

Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan Golongan III lingkup Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan dari tiga kabupaten di NTT yakni TTU, Manggarai Timur dan Sabu Raijua telah selesai.

Berakhirnya pelatihan itu disahkan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) NTT, Keron Petrus, Rabu (23/6) pada penutupan pelatihan dasar di Aula BPSDMD NTT.

Upacara ini merupakan penutupan pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan II Angkatan 38 dan Golongan III Angkatan 105, 106, dan 107 lingkup Pemerintah Provinsi NTT, Timor Tengah Utara (TTU), Manggarai Timur dan Sabu Raijua.

Terdapat 160 orang peserta pelatihan yang terdiri dari golongan dua yaitu 40 orang dan golongan tiga 120 orang. Peserta mengikuti pelatihan terintegrasi selama 51 hari dari 26 April hingga 23 Juni.

Berdasarkan evaluasi pada 160 orang peserta ini yang mendapatkan kategori sangat memuaskan sebanyak 8 orang, kategori memuaskan yaitu 151 orang dan satu orang belum berhasil karena lalai dalam aktualisasi. 159 orang berhak mendapatkan surat tanda tamat pelatihan. Untuk biaya pelatihan berasal dari anggaran daerah asal para peserta.

“Harus berniat melakukan perubahan karena anda sudah merancang aktualisasi dan dibekali berbagai ilmu,” sebut Kepala BPSDMD NTT, Keron Petrus.

 

Pertahankan Integritas

Dalam sambutannya saat penutupan pelatihan dasar tersebut Keron mengingatkan peserta yang lulus soal perubahan dan integritas.
Menurutnya, pelatihan selama 51 hari itu sudah berlangsung dengan baik dan ia mengapresiasi 159 orang yang lulus.

“Harus berniat melakukan perubahan karena anda sudah merancang aktualisasi dan dibekali berbagai ilmu,” kata dia.

Ia mengakui, tidak semua teori dapat diterapkan, karena tantangan dengan realita kerja cenderung berbeda dan lebih beragam dari teori yang ada. ASN juga kerap mendapat berbagai godaan dalam setiap pelayanan, tetapi integritas harus dipertahankan.

“Jangan lupa bagaimana kalian berjuang menjadi pegawai negeri sipil!” tukas dia. (Yan/ol)

Leave a Comment