Mentri Luhut: Saya Ingin Labuan Bajo Bebas Sampah

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan saat acara peluncuran Bangga Buatan Indonesia Kilau Digital Flobamora
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan saat acara peluncuran Bangga Buatan Indonesia Kilau Digital Flobamora

Gerasimos Satria

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menitip pesan kepada Bupati Manggarai Barat (Mabar)Edistasius Endi untuk menjaga kebersihan Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Mabar. Pasalnya, Labuan Bajo yang merupakan daerah destinasi super prioritas masih mengalami persoalan sampah.

“Saya ingink Labuan Bajo bebas dari sampah,” tegas Luhut dalam sambutanya pada acara peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) Kilau Digital Permata Flobamora,Jumat (18/6) di Puncak Waringin Labuan Bajo.

Luhut mengaku tahun 2018 lalu, pihaknya telah membangun sistem untuk mengurus sampah di Labuan Bajo. Namun, beberapa tahun terakhir fasilitas yang dibangun sudah tidak berfungsi. Sistem yang baru perlu dibangun untuk mengurus sampah di Labuan Bajo yang merupakan kota tujuan wisata internasional.

Dia meminta Bupati Endi serius mengurus sampah, apalagi ke depan Labuan Bajo berpotensi menjadi tuan rumah berbagai pertemuan internasional.

Dia meminta Endi serius menata keindahan Labuan Bajo dan mendukung Pemerintah Pusat mempercepat pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata.

Ia meminta masyarakat Labuan Bajo untuk memiliki kesadaran menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

“Labuan Bajo akan dipilih menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN Desember 2022. Saya ingin Labuan Bajo bersih,” tegas Luhut. (bev/ol)

Leave a Comment