Mulai Besok Sekolah di Rote Terapkan Belajar dari Rumah

Josep Pandie, Kepala Dinas PKO Rote Ndao.

Frangky Johannis

 

Mulai besok, Senin (12/07/2021), pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) siswa PAUD/TK, SD/MI, dan SMP/MTs di Kabupaten Rote Ndao dilaksanakan dari rumah (virtual).

Hal tersebut disampaikan Sekretars Daerah (Sekda) Rote Ndao Jonas M Selly yang dihubungi victorynews.id melalaui pesan WhatsApp, Minggu (11/07/2021) siang.

Dikatakan Jonas, dalam rangka mengantisipasi penyebaran Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19), Bupati Rote Ndao telah mengeluarkan Instruksi Nomor: 657 Tahun 2021, tentang Kebijakan Belajar dari Rumah (BDR) bagi Peserta Didik, Guru dan Tenaga Kependidikan di wilayah Kabupaten Rote Ndao, jenjang pendidikan PAUD/TK, SD/MI, dan SMP/MTs.

Menurutnya, dalam Instruksi Bupati 657 tersebut ditegaskan beberapa hal, yakni:
1) Peserta didik, guru dan tenaga kependidikan pada jenjang PAUD/TK, SD/MI, dan SMP/MTs, diliburkan dari aktivitas KBM offline, dan melaksanakan pembelajaran dari rumah selama sebulan, terhitung 12 Juli hingga 21 Juli 2021.
2) Guru dan tenaga pendidik, agar tetap mempersiapkan bahan ajar dan tetap melaksanakan pembelajaran selama para siswa dirumahkan dengan mengunduh materi-materi ajar dari internet lalu dibagikan kepada peserta didik masing-masing sebelum diliburkan. Metode penugasan secara manual yaitu memberikan tugas secara manual kepada peserta didik sesuai dengan kompetensi dasaryang ada untuk dikerjakan di rumah masing-masing melalui email atau WhatsApp grup, atau dikumpulkan pada saat masuk sekolah.

3) Guru dan tenaga pendidik agar tetap memberikan panduan dan monitoring terhadap aktivitas peserta didik melalui media sosial meliputi WhatsApp group dan melakukan evaluasi secara rutin agar dievaluasi saat masuk sekolah.

4) Guru dan tenaga pendidik wajib membuat laporan kepada kepala sekolah terkait proses pembelajaran selama dirumahkan. Menginformasikan terkait kebijakan merumahkan peserta didik kepada orang tua atau wali melalui surat resmi yang dikeluarkan sekolah. Melakukan pemantauan belajar anak saat belajar di rumah.

Dipantau Kepala Sekolah dan Guru

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (PKO) Kabupaten Rote Ndao Josep Pandie mengatakan, menindaklanjuti Instruksi Bupati tersebut, pihaknya telah menyampaikan penegasan kepada para kepala sekolah, agar meliburkan kegiatan KBM Tatap Muka, mulai Senin 12 Juli hingga 24 Juli 2021 mendatang.

Menurut Pandie, berdasarkan Kalender Pendidikan, Tahun Ajaran 2021/2022 mulai dilaksanakan Senin (12/07/2021), tetapi akibat melonjaknya angka positif Covid-19, sehingga ditunda sesuai dengan Instruksi Bupati. Namun, diharapkan pendemi ini cepat berlalu, agar siswa bisa lakukan KMB Tatap Muka.

Ia memastikan para kepala sekolah telah mendapat Instruksi Bupati tersebut, mematuhi, dan sosialisasikan kepada orang tua/wali para siswa. Sehingga, dalam pembelajaran dari rumah orang tua melakukan pengawasa terhadap anak-anak. Jangan sampai diliburkan untuk belajar di rumah, malah anak didik keluar rumah untuk kegiatan yang tidak semestinya.

“Jadi pihak sekolah dan guru bertanggung jawab melakukan monitoring terhadap aktivitas peserta didik selama belajar dari rumah ini,” pungkas Pandie. (yan/ol)

Leave a Comment