Museum Daerah NTT Akan Tambah Belasan Koleksi

Batu alam yang dipamerkan di Museum Daerah NTT. Foto: Putra/VN
Batu alam yang dipamerkan di Museum Daerah NTT. Foto: Putra/VN

Putra Bali Mula

Museum Daerah NTT akan menambahkan beberapa koleksi untuk dipamerkan diantaranya kain tenun dari Sumba Barat dan Malaka. Ada juga beberapa kajian benda budaya dan sejarah sebelum menjadi koleksi museum.

Kepala Museum Daerah NTT, Esau K. M. Ledoh, kepada VN di ruang kerjanya, Senin (31/5).

“Nantinya ada pengkajian terkait dengan kain tenun sesuai dengan corak dan motifnya. Ada juga moko dari Alor yang telah dikaji sejak tahun sebelumnya untuk menjadi koleksi,” ungkap dia.

Penambahan koleksi ini nantinya sebagai hibah atau diserahkan kepada negara dalam hal ini Museum Daerah. Museum Daerah NTT akan mengurus dan merawatnya untuk publik.

Ia menjelaskan ada tokoh masyarakat yang dilibatkan terkait penyerahan secara adat maupun soal asal-usul dan akan menjadi sumber informasi terpercaya mengenai koleksi dimaksud.

Museum Daerah NTT juga meminta filosofi, riwayat dan cerita terkait benda yang akan dihibahkan dalam tulisan tangan untuk diliterasikan.

“Ada satu set gong dari Rote yang masih dikaji sebelum diserahkan untuk Museum Daerah,” kata dia.

Nantinya ada penambahan belasan koleksi yang kita upayakan. Ada sekitar 7.451 buah koleksi dari 10 jenis yang ada saat ini di museum.

“Tiap jenis berbeda-beda jumlahnya. Tahun ini kita tambahkan untuk memperkaya museum. Gajah purba ini yang baru,” kata dia. (bev/ol)

Leave a Comment