Nasib 6 Terdakwa Kasus Tanah Mabar Diputuskan Esok, 7 Terdakwa Sehari Sesudahnya

Terdakwa dalam kasus dugaan tindak pidana Korupsi aset negara di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, saat memasuki Gedung Kejati NTT, untuk menjalani pemeriksaan, beberapa waktu lalu.

Simon Selly

 

Tiga belas (13) terdakwa kasus dugaan tindak pidana korupsi aset negara berupa tanah di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, akan segera menerima putusan majelis hakim.

Kasi Penkum Kejati NTT, Abdul Hakim ketika dihubungi VN, Rabu (16/6) menerangkan bahwa untuk kasus dugaan tindak pidana korupsi aset negara di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, akan segera ada putusan hakim. Putusan tersebut akan berlangsung pada Kamis 17 Juni dan Jumat 18 Juni 2021 mendatang.

Abdul menerangkan, untuk hari Kamis 17 Juni 2021 esok, majelis hakim akan memutuskan terhadap 6 orang terdakwa yang sebelumnya telah dituntut oleh penuntut umum.

“Sidang perkara Labuan Bajo, Kamis tanggal 17 Juni 2021, dengan acara pembacaan putusan majelis hakim atas nama terdakwa Dai Kayus, Mahmud Nip, Supardi Tahiya, Haji Sukri, Andi Rizky Nurcahya dan Ente Puasa,” ujar Abdul ketika dihubungi VN melalui sambungan telepon.

Abdul kembali menerangkan, untuk sidang pada 18 Juni 2021, majelis hakim akan memutuskan putusan terhadap 7 terdakwa.

“Sidang dengan acara pembacaan putusan hari Jumat tanggal 18 Juni 2021, atas nama terdakwa Ambrosius Syukur, Marthen Ndeo, Abdullah Nur, Caitano Soares, Muhamad Achyar, Afrizal alias Unyil dan Theresia Dewi Koroh Dimu,” jelas Abdul.

Sementara itu, untuk dua terdakwa asal Italia Masilimiliano De Reviziis dan Mizardo Fabio, belum ada agenda terkait dengan putusan hakim terhadap keduanya, serta Veronika Syukur dan Agustinus Ch. Dulla juga belum dituntut karena masih menjalani tahapan pemeriksaan saksi.

Terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi aset negara di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat atas tanah seluas 30 hektare yang mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp1,3 triliun, Kejati NTT telah menetapkan 17 terdakwa. (Yan/ol)

Leave a Comment