NTT akan Bangun 7 Pariwisata Estate Baru Tahun 2022

Kedis Parekraf Provinsi NTT, Zeth Sony Libing

Putra Bali Mula

 

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi NTT pada tahun 2022 ini mempunyai program peningkatan daya tarik destinasi. Ada tujuh destinasi pariwisata estate yang akan dikembangkan tahun 2022 nanti.

Kepala Disparekraf NTT, Zeth Sony Libing, menyampaikan hal tersebut saat ditemui di gedung DPRD NTT usai rapat dengan Komisi II DPRD NTT, Jumat (12/11).

Pada tujuh destinasi baru ini akan dibangun cottage dan homestay. Cottage akan dibangun di Lelogama Kabupaten Kupang dan Kelaba Madja Kabupaten Sabu Raijua.

Sementara homestay dibangun di Umauta Kabupaten Sikka, Tuamese Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Anakoli di Kabupaten Nagekeo dan Gololoni Kabupaten Manggarai Timur.

“Kita akan membenahi destinasi wisata yang ada dan membangun tujuh pariwisata estate baru,” kata dia.

Selain pembangunan pariwisata baru pihaknya juga akan meningkatkan promosi wisata terutama untuk semua wisata yang ada di Provinsi NTT.

“Kita lakukan promosi besar-besaran baik kedalam dan keluar terhadap setiap destinasi yang kita miliki. Ada 1305 destinasi yang kita miliki. Kita benahi yang ada dan kita promosikan ke luar,” ujarnya.

Ia ingin menyampaikan ke dunia luar bahwa NTT miliki destinasi alam dan budaya yang luar biasa untuk dikunjungi.

Ia mencontohkan festival yang dilaksanakan di Alor seperti festival dugong maupun paralayang yang juga mendukung kegiatan wisata di tahun 2022.

“Harus diketahui karena punya nilai kultural dan nature. Kami anggarkan senilai Rp3 miliar,” lanjut dia.

Ia menila,i program 2021 sudah berjalan dengan baik dan ada beberapa program yang tidak dapat dilaksanakan karena refocusing. Namun ia tidak menjelaskan lebih lanjut terkait itu.

“Tapi program lainnya yang ada telah kita jalankan dengan baik,” kata dia. (Yan/ol)

Leave a Comment