Pariwisata Berkelanjutan Fokus Pada Dampak Bagi Masyarakat

Putra Bali Mula

Mahendra Duta Saputra, Pemuda Pelopor Bidang SDA dan Pariwisata serta Alumnus Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2014 mengatakan pariwisata berkelanjutan adalah soal dampak atau impact bagi masyarakat baik di sekitar destinasi wisata ataupun masyarakat secara umum di suatu daerah.

Jika dampaknya positif dan ekonomi bisa tumbuh maka pariwisata berkelanjutan akan terlaksana.

“Tak hanya soal dampak, ini juga soal bagaimana masyarakat siap dan disiapkan terhadap berbagai program pemerintah untuk memajukan pariwisata di suatu daerah,” ujarnya dalam live streaming episode pertama Baomong Pariwisata via instagram di akun @kitapariwisata pada Sabtu (11/9).

Ia juga mengapresiasi kegiatan KITA Pariwisata dari para orang muda NTT yang peduli dengan pariwisata NTT.

Ia menyebut anak-anak muda bisa menjadi influencer menggunakan media sosial masing-masing untuk mempromosikan pariwisata NTT.

“NTT punya banyak daerah dengan banyak potensi budaya dan pariwisata,” kata dia.

Mahendra mendukung dan mengapresiasi program KITA Pariwisata dengan menggunakan instagram untuk mengangkat NTT.

Ia juga mempunyai program storynomic tourism di Jogjakarta yang ditawarkan untuk dapat berkolaborasi dengan program KITA Pariwisata.

Sementara Cessy Anakay selaku Ketua Asosiasi KITA Pariwisata dan Founder Tabeta Tour mengatakan NTT mempunyai berbagai kegiatan pariwisata dan berbagai produk yang telah diproduksi seperti minuman tradisional moke yang dikemas apik, Sophia.

Talenta-talenta muda NTT juga termasuk remaja cilik telah mempromosikan budaya NTT sesuai dengan bakat masing-masing. Banyak LSM yang tertarik pada bidang pariwisata yang mempunyai proyek di NTT.

“Anak-anak NTT juga telah mempunyai banyak prestasi seperti film-film lokal tentang NTT,” tukasnya.

Ia berharap antusiasiasme dari banyak kalangan terutama orang muda untuk mempromosikan pariwisata NTT bisa membuat NTT makin dikenal dunia dan banyak wisatawan tertarik untuk bertandang ke NTT sehingga dampak ekonomi bisa terasa. (bev/ol)

Leave a Comment