Patuhi Prokes, Daging Kurban Idul Adha akan Diantar ke Rumah Umat

Putra Bali Mula

 

Sebentar lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Kurban (Idhul Adha). Panitia Masjid Al Muttaqin Kota Kupang akan merayakan Idul Adha sesuai dengan protokol kesehatan. Hewan kurban juga nantinya diantarkan ke rumah warga.

Sekretaris Yayasan Al Mutaqin Kota Kupang, Adi Suan, kepada VN pada Senin (5/7) menyampaikan hal tersebut.

Panitia hari raya kurban dan hari raya idul adha di masjid itu merangkai sholat ied dan pelaksanaan kurban sesuai prokes yang berlaku. Sebagaimana tiap tahunnya panitia juga membuka pendaftaran bagi jemaah untuk pembelian hewan kurban.

Biasanya pada H-4 sudah mulai dilakukan pendataan total hewan kurban yang terkumpul untuk diumumkan saat malam takbiran dan saat sholat Idul Adha.

Sistemnya nanti, kata dia, adalah dengan pengantaran dari rumah ke rumah hewan yang telah disembelih.

“Masyarakat akan mendapatkan kupon untuk mendapatkan daging hewan kurban itu,” ujarnya.

Panitia sudah menyiapkan dengan kemasan yang baik untuk daging kurban yang akan diantarkan. Ia menyebut panitia menyiapkan bagian-bagian khusus mulai dari penyembelihan, pengulitan, hingga yang menimbang lalu yang menyiapkan kemasan.

Hewan kurban ini juga diperuntukkan bagi warga sekitar masjid yang bukan beragama Islam. “Tidak saja untuk kita umat muslim,” imbuhnya.

Pihak kesehatan hewan juga terlibat dalam pemeriksaan hewan kurban. Sampel daging hewan yang disembelih akan dites kelaikan konsumsinya sebelum dibagikan ke masyarakat.

Pihak panitia juga ada bagian penanganan kesehatan untuk protokol kesehatan seperti dengan masker, thermogun.

Saat ini pihak panitia menunggu arahan pemerintah terkait prosedur pelaksanaan ibadah nantinya dilakukan. (Yan/ol)

Leave a Comment