Peluang Medali Emas Masih Ada

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti saat tampil di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

Upaya kontingen Indonesia untuk meraih medali Olimpiade Tokyo 2020 dari cabor andalan bulutangkis, masih ada. Meskipun praktis kini bertumpu pada tiga wakil tersisa yakni Anthony Ginting (tunggal putra), Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (ganda putra), dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri).

Kepastian tersebut mengacu pada hasil pertandingan tujuh wakil Indonesia di arena bulutangkis Musashino Forest Sport Plaza Tokyo, Jepang, Kamis (29/7) kemarin.

Dari tujuh wakil Merah Putih, empat diantaranya gagal. Mereka adalah Jonatan Christie (tunggal putra), Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran). Praven/Melati, ditundukkan pasangan China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong.

Gregoria Mariska harus mengakui keunggulan Ratchanok Intanon, Kevin/Marcus dikejutkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dan berikutnya kekalahan Jojo atas Shi Yu Qi.

 

Lawan Tangguh
Sementara itu, dari jadwal yang dirilis panitia, tiga sisa wakil Indonesia di cabor bulutangkis akan berhadapan dengan lawan-lawan tangguh baik hari ini, Jumat (30/7) maupun besok Sabtu (31/7).

Hendra/Ahsan dijadwalkan akan menjalani duel di partai semifinal dengan menghadapi ganda putra Taiwan Lee Yang/Wang Chi-lin, hari ini. Di peringkat dunia, Hendra/Ahsan menempati rangking kedua alias satu posisi di atas lawannya itu.

Sedangkan Anthony Ginting (peringkat 5 dunia) ditunggu Anders Antonsen asal Denmark, yang kini menempati peringkat ketiga dunia. Mereka akan berduel di babak perempatfinal Sabtu (31/7).

Sedangkan Greysia/Apriyani akan menghadapi pasangan Korea Selatan Lee So-hee/Shin Seung-chan, yang berada di peringkat keempat dunia, pada babak semifinal Sabtu (31/7). Greysia/Apriyani adalah peringkat keenam.

Terlepas dari hitung-hitungan peringkat, atau bahkan rekor pertemuan, pertandingan tetap akan dituntaskan di atas lapangan. Kini publik Indonesia akan terus memantau penuh harap, juga mengirimkan ucapan penyemangat, doa, harapan, buat ketiga wakil Merah Putih yang masih tersisa di cabang Bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. (pol/paa/ari)

Leave a Comment