Pembagian Daging Kurban Sesuai Waktu dalam Kupon

Putra Bali Mula

 

Panitia Idul Adha di Masjid Baiturrahman Perumnas Kota Kupang membagikan kupon yang tertera keterangan waktu tertentu. Hal ini digunakan agar para penerima daging hasil hewan kurban datang sesuai waktu yang ditentukan sehingga tidak menumpuk di masjid.

Sementara hewan kurban saat ini masih dikumpulkan dan hingga Senin itu (19/7) kemarin sudah 20 ekor sapi yang terdata. Jumlah kambing juga masih belum pasti.

“Sementara begitu jumlahnya,” jawab Abdillah, salah satu panitia yang ditemui VN di Masjid Baiturrahman Perumnas.

Menurut dia, Pemerintah Kota Kupang melalui pihak kelurahan akan memantau protokol kesehatan. Sementara pihak panitia akan melakukan pemotongan hewan kurban dengan memperhitungkan prokes. Akan ada pihak juga yang memeriksa kesehatan daging hewan kurban.

Biasanya panitia bisa mencapai 40 orang pada tahun sebelum pandemi. Tahun ini kemungkinan panitia saja yang nantinya berada di masjid yaitu sejumlah 27 orang untuk penyembelihan.

Pemotongan hewan kurban dilakukan dalam sehari yaitu di hari Kamis (22/7) setelah semua hewan terkumpul. Setelah diperiksa kesehatan daging itu barulah bisa dibagikan ke yang membutuhkan.

Untuk pembagian nantinya dilakukan pembagian waktu tertentu sesuai dengan kupon yang telah diambil oleh penerima. Dengan begitu warga penerima dapat mengambil hewan kurban sesuai waktu yang ada dalam kupon itu.

“Tidak amburadul nantinya,” kata dia.

Begitu pula dengan shalat yang dilakukan hanya oleh sesama panitia dan pengurus masjid untuk pemotongan hewan kurban karena sudah dibatasi oleh Pemerintah Kota Kupang. (Yan/ol)

Leave a Comment