Pemda TTU Sediakan Empat Lokasi Karantina Baru

Bupati TTU, didampingi Kapolres, Dandim dan Kadis Kesehatan memantau Kantor Loka Bina Karya Dinas Sosial Kabupaten TTU, untuk dijadikan RS Darurat karantina Covid-19, Selasa (13/7). Foto:Gusty Amsikan/vn.

Gusty Amsikan

Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Provinsi NTT bersama Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten TTU melaksanakan kegiatan koordinasi penyiapan tempat karantina, peninjauan vaksinasi, dan pengecekan tempat karantina, Selasa 13 Juli 2021. Dalam kegiatan tersebut ditentukan empat lokasi baru untuk karantina mandiri dengan kapasitas penampungan sebanyak 64 orang.

Pantauan media ini, Selasa (13/7), kegiatan koordinasi penyiapan tempat karantina, peninjauan vaksinasi, dan pengecekan tempat karantina tersebut digelar pukul 10.20 Wita hingga 12.50 Wita. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati TTU, Juandi David, Wakil Bupati TTU, Eusabius Binsasi, Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi, Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU.

Bupati TTU, Juandi David mengatakan pihaknya menggelar rapat koordinasi awal bersama Satgas dan Forkopimda terkait. Dalam rapat tersebut pihaknya menerima sejumlah surat saran dengan tembusan Forkopimda dan OPD TTU. Usai rapat, pihaknya meninjau lokasi pelaksanaan vaksinasi di  Kodim 1618/TTU dan Polres TTU serta meninjau lokasi karantina mandiri.

Menurut Juandi, sejauh ini Pemerintah Daerah melalui Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten TTU telah meyiapkan empat lokasi baru untuk karantina. Keempat lokasi tersebut di antaranya Koramil 1618-01/Miotim, Polres TTU Gedung BLK Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten TTU dan Kantor Loka Bina Karya Dinas Sosial Kabupaten TTU.

“Lokasi Koramil 1618-01/Miotim memiliki 4 ruangan dengan kapasitas sebanyak 20 orang. Polres TTU memiliki 3 ruangan dengan kapasitas sebanyak 6 orang. Lokasi di Gedung BLK Dinas Nakertrans Kabupaten TTU memiliki  15 kamar dengan kapasitas 30 orang. Sementara Kantor Loka Bina Karya Dinas Sosial memilii 8 kamar dengab kapasitas 8 orang. Dengan demikian, empat lokasi baru untuk karantina mandiri tersebu memiliki  kapasitas penampungan sebanyak 64 orang,”pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 1618/TT, Letkol Arm. Roni Junaidi mengatakan selain mempersiapkan lokasi baru untuk karantina, pihaknya juga melakukan patroli gabungan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berskala Mikro di wilayah Kabupaten TTU. Patroli gabungan tersebut melibatkan personil Kodim 1618/TTU dan Polres TTU. Patroli gabungan dilaksanakan dengan rute Pasar Lama Kefamenanu, Perempatan Tulip, pertokoan dan warung makan seputaran Terminal Kefamenanu, Pasar Baru Kefamenanu, dan Pertigaan Kilomter 6 jurusan Kupang.

Dalam pelaksanaan Patroli PPKM berskala mikro itu, pihaknya berupaya membubarkan kerumunan masyarakat yang lebih dari 3 orang, menegur secara keras masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker saat bepergian dari rumah. Pihaknya juga menyampaikan pambatasan waktu jam malam hingga pukul 21.45 Wita dan mengimbau pemilik pertokoan dan rumah makan serta pusat keramaian lainya harus menaati pemberlakuan jam malam tersebut.

Ia juga mensosialisasikan penempatan tempat  cuci tangan di depan pertokoan,  rumah makan dan pasar. (Yan/ol)

Leave a Comment