Pemerintah Larang Warga Berwisata, Pengusaha Kecil Boleh Berjualan

Putra Bali Mula

Aktivitas keluar dan masuk daerah masyarakat akan dibatasi.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 diberlakukan di tiga daerah yakni Kota Kupang, Kabupaten Sumba Timur dan Sikka.

Juru Bicara Satgas COVID-19, Marius Ardu Jelamu, kepada media di Kantor Gubernur NTT, Selasa (27/7) mengatakan penyekatan di gerbang masuk dilakukan hingga 2 Agustus mendatang.

Penyekatan ini telah dibahas dalam rapat dengan pihak keamanan bersama tiga kabupaten yang menjalani PPKM Level 4.

“Untuk wisata selama weekend ditiadakan,” tukasnya.

Selain membatasi kegiatan interaksi orang dari dan ke wilayah yang menjalani PPKM, nantinya sekolah, rumah ibadah, dan pusat perbelanjaan modern juga ditutup.

Meskipun demikian Marius Jelamu memastikan pengusaha kecil dapat beroperasi tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Kegiatan ekonomi menengah ke bawah dapat berjalan seperti warung makan, warung kecil dan lainnya, tempat cuci mobil, tempat cukur rambut misalnya,” kata dia.

Ketika diadakan upaya penyekatan dan pengawasan ini, sebut dia, agar masyarakat mematuhinya terlebih Kota Kupang yang kasus aktifnya tinggi.

Marius menyebut Keputusan Menteri Dalam Negeri menetapkannya agar penyebrangan darat wajib menunjukkan bukti tes kesehatan bebas Covid-19 seperti rapid antigen atau PCR dan kartu vaksin minimal tahap pertama. (bev/ol)

Leave a Comment