Pemkab Rote Ndao Gelar Festival Pariwisata Berkonsep Virtual Hybrid

Peserta lomba kuliner dalam ajang Festival Kuliner, Musik, dan Fashion 2021 foto bersama Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yesy Dae Pany (kedua dari kanan), Wakil Ketua TP-PKK Rote Ndao Lona Apdiana Saek-Ngginak (kedua dari kanan), dewan juri, dan panitia, di auditorium Ti'i Langga, akhir pekan lalu. Foto: Istimewa.
Peserta lomba kuliner dalam ajang Festival Kuliner, Musik, dan Fashion 2021 foto bersama Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yesy Dae Pany (kedua dari kanan), Wakil Ketua TP-PKK Rote Ndao Lona Apdiana Saek-Ngginak (kedua dari kanan), dewan juri, dan panitia, di auditorium Ti'i Langga, akhir pekan lalu. Foto: Istimewa.

Frangky Johannis

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar Festival Kuliner, Musik, dan Fashion 2021 berkonsep virtual hybrid.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rote Ndao Jonas M Selly yang dikonfirmasi victorynews.id di ruang kerjanya, Jumat (25/06/2021) menjelaskan, pagelaran Festival Kuliner, Musik, dan Fashion ini merupakan salah satu Inovasi Pemkab Rote Ndao dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam mengembangkan event-event wisata.

Menurut Jonas, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kampanye pariwisata Rote Ndao melalui festival Festival Kuliner, Musik, dan Fashion kali ini digelar menggunakan konsep virtual hybrid, yaitu gabungan konsep event online dan offline.

Ia mengatakan konsep virtual hybrid merupakan bukti Pemkab Rote Ndao terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi dalam rangka promosi pariwisata yang ‘tertidur’ saat ini, sekaligus merupakan bagian dari Adaptasi Kebiasaan Baru (APK) di masa pandemi Covid-19.

“Ini untuk pertama kali di tengah pandemi Covid-19 Pemkab Rote Ndao menggelar festival dengan berbagai adaptasi protokol kesehatan Covid-19. Dengan konsep virtual hybrid ini diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan, sekaligus bisa menggerakkan sektor UMKM, ekonomi kreatif, dan pariwisata di Rote Ndao kembali bangkit secara bertahap,” imbuh Sekda Jonas.

 

Gandeng Event Organizer
Terpisah, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yesy Dae Pany menjelaskan, pihaknya menggandeng event organier dalam penyelenggaraan dan menyiarkan aktivitas festival ini secara luring ke media daring seperti kanal media cetak, online, Youtube, maupun live media sosial, guna membantu kebangkitan sektor pariwisata, UMKM, dan ekonomi kreatif.

Menurutnya, pada Sabtu 26 Juli 2021 ada berbagai kegiatan menarik yang akan digelar, yakni Talk Show, Give Away, Promo UMKM, Demo Masak, Tayang Perdana Lomba Syair Sasandu, Fashion, dan Kuliner, tayangan nominasi lomba Foto, Video, dan TikTok.

Sementara untuk Jumat 02 Juli 2021, bertetapan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kabupaten Rote Ndao, digelar pertunjukan Perdana Sanggar Tari, Pengumuman Juara Lomba Syair Sasandu, Fashion, Kuliner, Foto, Video dan TikTok, serta Give Away dengan hadiah-hadiah menarik.

Perwakilan Event Organizer XPC-Digital Indonesia Felama Claudia Rambu Kareri Emu mengatakan, acara akan dipandu oleh Rivani Bistolen (Putri Pariwisata Indonesia Persahabatan 2016) dan Randi Adnan Adu (Rara).

Menurutnya, rangkaian acara ini akan disiarkan langsung melalui akun Facebook Page Disbudpar Rote Ndao, Facebook Page Info Rote, Youtube Channel Visit Rote Ndao, dan Youtube Channel Rote TV. Kegiatan Sabtu 26 Juni 2021 disiarkan pada pukul 10.00 Wita, sementara kegiatan Jumat 2 Juli 2021 pukul 16.00 Wita.

Festival Kuliner, Musik, dan Fashion ini, kata dia, didukung sponsor, di antaranya Bank NTT, Seed Resort, Anugerah Surf & Dive Resort, Dehawe Coffee Cafe, Sharon Cafe & Lounge, Jems Bridal, Warung Solo, beta Rote Tshirt, dan Cafe 777. (bev/ol)

Leave a Comment