Pemkab TTU Perpanjang PPKM Mikro

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten TTU, Kristoforus Ukat.

Gusty Amsikan

 

Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi NTT akan memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro guna mengendalikan penyebaran Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid-19, Kristoforus Ukat, kepada media ini, Minggu (13/6) di Kefamenanu.

Kristoforus menjelaskan hingga saat ini kasus suspect yang terjadi di Kabupaten TTU sebanyak 7 orang. Seluruh suspect telah selesai menjalani perawatan dan melanjutkan isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab. Sementara kasus probable sampai saat ini sebanyak 3 kasus. Seluruhnya telah selesai menjalani karantina selama 14 hari di Rusunawa dan melanjutkan isolasi mandiri dalam pantauan Puskesmas sambil menunggu hasil swab.

Terkait pengaturan PPKM mikro untuk pengendalian penyebaran Covid-19 yang terbuat dalam instruksi Mendagri nomor 12 tahun 2021, Kristoforus menjelaskan, tingkat kematian akibat Covid-19 di Provinsi NTT termasuk Kabupaten TTU sebesar 3,6%. Angka tersebut berada di atas tingkat kematian nasional yakni 2,8% dengan positivity rate 5%.

Berdasarkan indikator di atas, Kabupaten TTU masuk dalam perpanjangan PPKM. Untuk itu, Pemerintah akan melakukan pembatasan sementara terhadap kegiatan-kegiatan masyarakat yang bersifat mengumpulkan banyak orang. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan adanya peningkatan kasus covid-19.

“Perlu adanya pembatasan sementara untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat mengumpulkan banyak orang. Kami imbau masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan karena kasus positif Covid-19 di NTT menunjukkan trend peningkatan setiap hari,”pungkasnya. (Yan/ol)

Leave a Comment