Pemkot Berjanji segera Serahkan Dokumen Rancangan KUA-PPAS

Sinta Tapobali

 

Pemerintah Kota Kupang hingga hari ini belum juga mengajukan dokumen rancangan Kebijakan Umum Anggaran serta Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) kepada DPRD Kota Kupang.

Akibatnya hingga hari ini, Dewan bersama Pemerintah Kota Kupang belum juga membahas rancangan anggaran murni Kota Kupang tahun 2022.

Asisten II, Setda Kota Kupang Yanuar Dalli kepada VN mengatakan bahwa Pemkot telah selesai menyusun dokumen rancangan tersebut dan segera diserahkan kepada Dewan Kota untuk selanjutnya dibahas secara bersama.

“Dokumen itu sementara kita finishing, tetapi secara umum sudah siap kita ajukan ke DPRD,” ujar Yanuar Dalli.

Menurutnya, keterlambatan ini juga dipicu oleh sebuah sistem baru dari pusat yang namanya Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD). Sistem itu baru diterapkan di tahun 2021 sehingga butuh penyesuaian dalam peng-input-annya.

“Kita juga terkendala ada sistem di tahun 2021 yang namanya SIPD dan sistem ini dari Pusat dan semua yang diinput ada batas waktu. Belum lagi masalah maintenance jaringan jadi memang semua hanya masalah teknis, tetapi secara umum sudah siap dan akan naik jilid dan diserahkan. Mudah-mudahan besok sudah bisa dibahas,” jelasnya.

Surati Gubernur dan Mendagri

Sementara DPRD Kota Kupang berencana untuk menyurati Gubernur dan Mendagri terkait masalah belum dimasukkannya rancangan KUA PPAS oleh Pemkot Kupang.

“Tadi ada rapat dan sudah diputuskan melalui rapat bersama pimpinan DPRD dan pimpinan fraksi serta pimpinan komisi sebagai upaya mencari jalan keluar yang terbaik. Solusinya pimpinan DPRD mengirimkan surat kepada gubernur, tembusan mendagri dan walikota Kupang. Kita memiliki komitment untuk tetap bersidang tapi mesti ada penambahan waktu yang cukup. Kita tidak berani membahas dalam waktu yang relatif sangat terbatas dan singkat,” jelas Ketua Fraksi NasDem DPRD Kota Kupang, Yuvens Tukung. (Yan/ol)

Leave a Comment