Pemprov NTT Launching Hutan Wisata Oeluan

Ketua Komisi II DPRD Provinsi NTT, Kasimirus Kolo dan Kepala UPTD KPH Kabupaten TTU, Hendrikus F.R Rodja, memantau rumah pohon di Hutan Wisata Oeluan

Gusty Amsikan

 

PEMERINTAH Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalu Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) menggelar kegiatan Launching Hutan Wisata Oeluan. Keberadaan Hutan Wisata Oeluan diharapkan dapat menjadi sarana rekreasi masyarakat dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar Hutan Wisata tersebut.

Seluruh stakeholder terkait diminta bergandengan tangan mengembangkan wilayah hutan yang ada menjadi suatu tempat yang memberikan manfaat bagi masyarakat banyak.

Pantauan media ini di lapangan, Jumat (28/5) di Hutan wisata Oeluan, kegiatan launching tersebut dihadiri, Kepala Dinas LHK Provinsi NTT, Ondy Cristian Siagian, Ketua Komisi II DPRD Provinsi, Kasimirus Kolo, Asisten II Setda TTU, Ferdinandus Lio, Kepala UPDT KPH Kabupaten TTU, Perwakilan Kodim 1618/TTU, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Camat Noemuti, Kapolsek Noemuti serta tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas LHK Provinsi NTT, Ondy Cristian Siagian dalam sambutannya mengharapkan pihak pengelola Hutan Wisata Oeluan dapat mengembangkan hutan wisata tersebut dengan menyediakan wahana-wahana yang menarik minat pengunjung dan wisatawan. Seluruh stakeholder terkait juga harus bergandengan tangan mengembangkan wilayah hutan yang ada menjadi suatu tempat yang memberikan manfaat bagi masyarakat banyak.

“Diharapkan pada masing-masing ekowisata ada wahana yang bisa dinikmati dan untuk bersenang-senang. Kami berharap Pemerintah Kabupaten dapat bersama-sama bergandengan tangan untuk turut serta mengembangkan wilayah hutan kita menjadi suatu tempat yang memberi manfaat bagi masyarakat banyak. Prinsip kami hutan membawa perkembangan ekonomi bagi masyarakat sekitar. Ketika hutan bermanfaat bagi masyarakat maka otomatis hutan ini akan lestari dan terjaga,”pungkasnya.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi NTT, Kasimirus Kolo mengatakan keberadaan Hutan Wisata Oeluan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berwisata dan belajar terutama mengenai hutan dan lingkungan hidup. Meskipun demikian, pembangunan di lokasi wisata alam tersebut masih sangat sederhana karena keterbatasan dana. Ke depannya, objek wisata alam tersebut akan terus dikembangkan guna menarik minat wisatawan.

Sementara itu, Bupati TTU, Juandi David, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Setda TTU, Ferdinandus Lio, mengatakan, Pemerintah Kabupaten TTU berterima kasih kepada Kepala Dinas LHK Provinsi NTT yang melalui UPTD KPH Timor Tengah Utara telah mengembangkan Kawasan Hutan Produksi Oeluan menjadi Hutan Wisata yang tentu akan bermanfaat bagi masyarakat.

Pemerintah Kabupaten TTU pun terus menggalakkan pengembangan pariwisata di daerah tersebut, karena pembangunan kepariwisataan memiliki arti yang sangat penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dari sisi ekonomi misalnya, pembangunan sector pariwisata memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto, baik melalui devisa maupun perputaran ekonomi, dapat membuka peluang usaha jasa pariwisata baik langsung maupun tidak langsung.(Yan/ol)

Leave a Comment