Pengisian Sembilan JPT Lowong Tunggu Hasil Seleksi KASN

Sekda Rote Ndao, Jonas M Selly

Frangky Johannis 

Hasil Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao, dalam rangka mengisi sembilan jabatan lowong, sudah disampaikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapat rekomendasi atas pelaksanaan seleksi.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Rote Ndao Jonas M Selly yang dikonfirmasi VN, di ruang kerjanya, Rabu (16/06/2021) siang.

Menurut Jonas, Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) telah menyampaikan hasil seleksi ke KASN beberapa waktu lalu. Selanjutnya kami masih menunggu rekomendasi dari KASN untuk ditetapkan oleh Bupati Rote Ndao.

Dikatakan Jonas, kalau sudah ada rekomendasi KASN, maka Bupati selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) akan menetapkan satu dari tiga orang yang mengikuti seleksi masing-masing formasi jabatan tersebut untuk ditetapkan dan dilantik.

“Kita sudah mengusulkan hasil seleksi ke KASN dan sementara menunggu rekomendasi. Jika dalam satu dua hari ke depan kalau sudah ada, kita akan mengajukan ke Ibu Bupati untuk menetapkan dan melantik pejabat yang akan mengisi sembilan OPD yang lowong itu,” katanya.

Ketika ditanya terkait siapa-siapa yang berpeluang dari 14 orang pejabat yang mengikuti seleksi, Jonas katakan, setelah rekomendasi KASN turun, baru dapat diketahui siapa yang berpeluang menjadi pimpinan pada sembilan OPD yang saat ini lowong itu.

“Intinya tiga orang yang diusulkan dari masing-masing formasi jabatan tersebut punya peluang yang sama. Ibu Bupati punya hak untuk menentukan siapa yang akan dipilih diantara tiga besar itu, tidak mesti yang peraih nilai tertinggi,” jelas Jonas.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Rote Ndao Meilon B Sula menjelaskan, proses lelang JPT yang dilakasanakan 3-6 Mei lalu, adalah untuk mengisi kekosongan pimpinan pada sembilan OPD, yakni Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbang), Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Dinas Peternakan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3A-KB), dan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan.

Menurutnya, Pansel JPT lingkup Pemkab Rote Ndao yang telah melaksanakan tahapan seleksi, terdiri dari tiga orang unsur eksternal, yakni Dr David BW Pandie, Dr Frans Gana, dan Dr Yanto MP Ekon. Sementara dua orang dari internal, yakni Sekda Jonas M Selly dan Asisten Administrasi Umum Yermi Haning, serta satu orang assessor dari Badan Kepegawaian Provinsi NTT.

“Seluruh proses seleksi sudah tuntas pada pekan kedua Mei 2021 lalu, dan saat ini tinggal menunggu rekomendasi KASN untuk ditetapkan oleh Bupati,” katanya singkat. (yan/ol)

 

Leave a Comment