Penuhi Syarat Berikut untuk PPDB Online SD-SMP di Kota Kupang

Putra Bali Mula

 

Dinas Pendidikan Kota Kupang akan segera mensosialisasikan soal pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online karena petunjuk teknis telah rampung. Syarat-syarat ini perlu dipenuhi saat PPDB online pqda6 28 hingga 30 Juni mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Dumuliahi Djami menegaskan ini kepada VN Senin (21/6). Ia juga menyampaikan soal jadwal PPDB online dan sekolah mana saja yang menjadi penyelenggara PPDB online.

Syarat administratif dimaksud adalah Akte kelahiran atau Kartu identitas Anak (KIA) 1 lembar. Dokumen ini berupa foto copy untuk yang pendaftaran offline dan difoto aslinya dalam bentuk Jpg untuk yang pendaftaran online.

Pas foto calon peserta didik baru hitam-putih ukuran 3 x 4 cm seban yak 1 lembar (untuk yong pendaftoran online dalam bentuk JPG.

Kartu Keluarga minimal terbit 1 tahun sebelum pelaksanaan PPDB. Kartu Keluarga berupa foto copy dengan menunjukkan aslinya untuk yang pendaftaran offline dan difoto aslinya untuk yang pendaftaran online.

Kartu Keluarga dapat diganti dengan Surat Keterangan Domisili dari RT/RW yang dilegalisir oleh lurah yang menerangkan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 tahun sejak diterbitkannyo surat keterangan domisili.

Bagi calon peserta didik asal luar daerah Kota Kupang harus melampirkan rekomendasi dan surat pindah rayon dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota asal.

Surat pernyataan dari orang tua peserta didik yang menyatakan bahwa siap diproses secara hukum jika dokumen persyaratan yang diupload palsu.

Saat ini seluruh SMP di Kota Kupang telah melaksanakan PPDB online dan untuk SD pada 2021 ini menjadi 32 sekolah yang melaksanakan PPDB online dari tahun yang sebelumnya yang hanya 10 sekolah. Laman yang digunakan masih sama seperti tahun sebelumnya yaitu siapppdbkupangkota.id.

“Semua ketentuan harus diikuti dan akan melalui verifikasi,” kata dia. (Yan/ol)

Leave a Comment