Perdana, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Kunjungi Pulau Landu

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI bersama rombongan, Melki Laka Lena saat berada di Pulau Landu, Kabupaten Rote Ndao, Senin 22 November 2021.

Kekson Salukh

 

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena mengunjungi Pulau Landu, salah satu pulau terluar NKRI berpenghuni, di Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, NTT.

Dalam rilis yang diterima VN, Selasa (23/11) malam, menjelaskan, kunjungan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang akrab disapa Melki Laka Lena (MLL) di desa paling selatan Rote Ndao yang berbatasan langsung dengan Australia itu menjadi kunjungan ‘sejarah baru’ bagi warga setempat.

Melki Laka Lena yang juga Ketua DPD Partai Golkar Provinsi NTT itu menjadi anggota DPR RI pertama yang menginjakkan kaki di Pulau Landu, Senin (22/11) pagi.

Kehadiran Laka Lena di pulau tersebut, dalam rangkaian kerja program kemitraan Komisi IX DPR RI bersama BPJS Ketenagakerjaan menggelar sosialisasi program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan di Gereja GMIT Jemaat Tiberias Desa Landu.

“Sekalipun kami ini (berada) di wilayah terselatan, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI bisa menginjakan kakinya di sini. Biasanya ada beberapa DPRD yang datang tapi hanya saat kampanye,” kata Jonas Mooy, salah satu tokoh adat Suku Moyombuk Desa Landu, sesusai menyambut kedatangan Laka Lena bersama rombongan.

Jonas kembali menyampaikan, kehadiran Melki Laka Lena merupakan kunjungan pertama DPR RI di desa mereka, sebagai tokoh adat setempat, ia sangat banga dan mengapresiasi kehadiran Laka Lena di Pulau Landu.

“Kami sangat bangga, karena kunjungan pak Laka Lena ini kunjungan yang dilakukan di luar masa kampanye,” tuturnya.

Jonas juga menyampaikan pertemuan hari ini menjadi jembatan emas sehingga kami yang berada di Pulau Landu, pulau terselatan Pulau Rote tidak dilupakan.

“Harapan kami, pertemuan hari ini menjadi jembatan emas sehingga kami yang berada di Pulau Landu, pulau terselatan Pulau Rote tidak dilupakan,” tutur Jonas.

Kepala Desa (Kades) Landu, Iskandar Mesah mengatakan, sebagai pemerintah desa setempat, ia merasa bangga dengan kehadiran Melki Laka Lena. Baginya kunjungan tersbut menjadi kunjungan anggota DPR RI pertama yang menginjakan kakinya di desa Landu.
“Saya sangat Bahagia, bangga dan terharu karena Bapak Emanuel Melkiades Laka Lena adalah anggota DPR RI pertama yang turun sampai di Desa Landu,” pungkas Iskandar.

Dalam pertemuan tersebut, Kades Iskandar juga menyoroti ketersediaan listrik dan dokter di Puskesmas Landu. “Harapan kami terkait masalah listrik dan ketersediaan dokter di Puskesmas Landu mengingat di Puskesmas Landu tidak memiliki dokter. Untuk berkonsultansi dengan dokter di puskesmas di daratan Pulau Rote yang harus menghabiskan biaya sekitar Rp60.000 untuk biaya ojek laut dan ojek darat,” jelas Iskandar.

Tak hanya melakukan sosialisasi, program ini juga mendaftarkan masyarakat setempat yang mayoritas bekerja sebagai nelayan untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sebanyak 200 masyarakat Desa Landu didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan gratis biaya angsuran pada 3 (tiga) bulan pertama.

Melki Laka Lena hadir sebagai pemateri utama dengan memaparkan materi  berjudul ‘Program dan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan’. Dalam materi tersebut, politisi partai Golkar dengan basic ilmu Farmasi ini mengajak masyarakat Desa Landu untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memberi banyak manfaat seperti perlindungan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan, Jaminan Kematian hingga Jaminan Khusus bagi Pekerja Migran tergantung jenis kepesertaan yang diikuti hanya dengan biaya angsuran mulai dari Rp16.800/bulan.

Laka Lena juga menekankan bahwa dengan adanya Permendagri No. 27 Tahun 2021, kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan telah diperluas menjadi Non-ASN, pekerja rentan UMKM, petani, nelayan dan profesi lainnya.

Selain MLL, hadir juga pemateri perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kupang. Hadir dalam rombongan kunjungan Melki Laka Lena, diantaranya; Wakil Ketua DPRD Rote Ndao, Ardy Lau, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Rote Ndao, Maxy Mooy dan Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Rote Ndao, Anton Ndoen. (Yan/ol)

Leave a Comment