Peringati HGN, Ketua PGRI Minta Guru di Kota Kupang tetap Kreatif dan Inovatif

Ketua PGRI Kota Kupang, Aplunia Dethan

Sinta Tapobali

 

Hari ini, Kamis 25 November 2021, kita merayakan Hari Guru secara nasional. Hari penghormatan khusus atas jasa dan dedikasi para guru yang dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Pada momentum Hari Guru Nasional dan HUT ke-76 PGRI tahun 2021, Ketua PGRI Kota Kupang, Aplunia Dethan menaruh hormat setinggi-tingginya atas semangat dan dedikasi guru, pendidik dan tenaga kependidikan yang meskipun dengan segala keterbatasan tak surut dalam pengabdian mendidik para siswa di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Dunia termasuk Bangsa Indonesia.

Sesuai dengan tema yang diangkat pada peringatan Hari Guru Nasional tahun 2021, yakni ‘Bergerak dengan Hari, Pulihkan Pendidikan’, Ia mengajak semua guru untuk tetap berjuang memajukan pendidikan dan mencerdaskan anak bangsa meski diperhadapkan dalam situasi pandemi yang serba terbatas.

“Guru-guru Kota Kupang adalah guru-guru yang hebat, tangguh, kuat, mau berubah, inovatif, kreatif dan tetap semangat meski dalam kondisi pandemi. Perjuangan guru dalam mendidik peserta didik tidaklah mudah, guru tentu mengalami kesulitan untuk menyampaikan pesan kepada para peserta didiknya. Tapi mereka tetap semangat dan terus berjuang untuk bisa mencerdaskan generasi bangsa. Saya hargai dan apresiasi teman-teman guru di Kota Kupang,” ungkap Aplonia Dethan, saat berbincang dengan VN, Kamis 25 November 2021.

Menurutnya, betapa penting peran guru sebagai manusia pengubah yang berkarakter kreatif, inovatif dan berdedikasi. Guru yang berkarakter akan memancarkan fajar penerang di sekelilingnya yang ditumbuhkan melalui proses pendidikan dengan mengembangkan budi pekerti. Sehingga mendorong siswa mengembangkan potensinya dan menjadi pembelajar mandiri.

“Maju terus pantang mundur, berjuanglah terus demi anak negeri karena percaya semua jerih lelah akan berbuah manis,” pesan Aplonia kepada para guru di Kota Kupang.

PGRI Kota Kupang menilai, perhatian Pemerintah terhadap para guru sudah cukup baik. Di masa pandemi, tentu Pemerintah tidak hanya memperhatikan guru tetapi banyak hal urgent yang harus diperhatikan. Namun sejauh ini Pemerintah telah menaruh perhatian yang cukup baik kepada kesejahteraan para guru sehingga mendukung pendidikan di Kota Kupang.

“Saya lihat perhatian cukup baik. Tapi yang utama guru-guru itu terus berjuang” ujar Aplonia.

Melalui moment hari guru dan HUT PGRI ini, ia memgajak para guru agar semakin termotivasi dan bangkit untuk mewujudkan kemerdekaan dalam belajar, guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Kupang.

Pada perayaan peringatan ke-76 tahun, PGRI terus berjuang memajukan pendidikan dan menjadi wadah perjuangan para guru, pendidik dan tenaga kependidikan. Sebagai mitra pemerintah, PGRI siap mendukung upaya pemerintah untuk memajukan generasi muda dan mencerdaskan anak bangsa. (Yan/ol)

Leave a Comment