Pesan Lurah untuk Warga, Ikuti Vaksin Sesuai Prokes

Putra Bali Mula

Pemerintah Kota Kupang telah menegaskan instansi terkait soal percepatan vaksinasi bagi warga kota Kupang agar memperkuat proteksi warga dari pandemi Covid-19. Pihak kelurahan sendiri mendukung hal tersebut sekaligus mengingatkan masyarakat untuk menaati protokol kesehatan (prokes) saat mengikuti proses vaksinasi.

Lurah Belo, Silvester Helo misalnya menyatakan agar protokol kesehatan tidak diabaikan apalagi saat warga berada di luar rumah hendak mengikuti proses vaksinasi.

Kepada VN, Sabtu (10/7) menyatakan dukungan terhadap percepatan vaksinasi bagi warga. Untuk itu ia meminta warganya yang memenuhi kriteria divaksin untuk cukup beristirahat sebelum ke puskesmas atau ke tempat vaksinasi yang disediakan pemerintah.

Hal yang ia tegaskan berulang adalah bagaimana memperhatikan prokes seperti jarak aman saat berada dalam antrean, hand sanitizer atau mencuci tangan maupun wajib menggunakan masker.

“Kunci keamanan bagi diri dan orang lainnya adalah soal kesadaran akan protokol kesehatan. Untuk itu saya minta warga yang mengikuti vaksinasi mawas diri dan terapkan prokes. Selain melindungi diri dan orang lain tentunya¬† kesadaran masyarakat akan membantu pemerintah dalam memutus penyebaran virus ini,”¬† jabarnya.

Demikian pula ditegaskan Lurah Lasiana, Wellem Bentura kepada masyarakat melaui VN, lewat pesan WhatsApp.

Ia ingin masyarakat dengan kategori layak divaksin dapat terlibat dan ikut berinisiatif menerima vaksin Covid-19 seperti di puskesmas maupun di instansi lain yang menyelenggarakan vaksinasi. Tentunya partisipasi untuk vaksinasi ini perlu dengan penerapan prokes. Menurut dia prokes adalah aturan utama baik sebelum dan sesudah menerima vaksin.

“Imbauan untuk warga masyarakat Lasiana agar dapat mengikuti dan mendukung vaksinasi agar kita bisa terhindar dari virus Corona ini. Selalu jaga jarak, pakai masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan di air yg mengalir,” tukasnya.

Sebelumnya juga diberitakan bahwa Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man menginstruksikan kepada para kepala puskesmas agar mengusahakan 50 sampai 100 orang divaksin per hari dan jika memungkinkan setiap kelurahan tersedia tempat untuk vaksin.

Herman berharap pada bulan Juli ini presentase vaksinasi sudah naik mencapai angka 60 hingga 70 persen sehingga bulan Agustus hingga September tersisa 30 persen. (Yan/ol)

Leave a Comment