PLN Sosialisasi Listrik Masuk Desa Kakasewa

 

PLN terus berupaya melistriki kawasan 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) untuk mewujudkan keadilan energi untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Sebelum listrik masuk desa, PLN melaksanakan sosialisasi letenagalistrikan dan penyambungan baru di Desa Kekasewa Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende. Perjalanan ke desa menempuh jalur laut selama dua jam.

Salah satu tokoh masyarakat Gabriel Nggake mengungkapkan rasa terima kasih kepada PLN dan pemerintah yang telah memperhatikan masyarakat Desa Kekasewa yang sudah sekian lama merindukan masuknya listrik.

“Selama ini kami menggunakan genset dan biaya BBM setiap bulan sebesar kurang lebih Rp 500.000. Dengan adanya listrik dari PLN kami dapat menikmati terang dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan genset dimana dengan membeli token Rp 100.000, kami bisa gunakan 1 bulan dan bisa beraktivitas di malam hari dengan lebih nyaman.

Manager UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Yudi Lordianto menjelaskan sosialisasi PLN pada desa- desa yang menerima program perluasan jaringan listrik penting agar masyarakat punya peran dan sinergi dalam percepatan pembangunan jaringan listrik. Dengan kerjasama ini, PLN berharap pembangunan berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan dan masyarakat segera menikmati listrik dari PLN.

Kegiatan sosialisasi dihadiri Supervisor Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan, Pejabat K3L PLN UP3 FBB dan masyaraka, Selasa (20/4) lalu.

“PLN Hadir menerangi Desa Kekasewa sebagai bukti komitmen PLN dan semoga listrik bagi 81 KK di desa ini dapat memberikan manfaat yang baik untuk warga masyarakat. Listrik untuk kehidupan yang lebih baik. Listrik untuk rakyat,istrik untuk semua,” ujar Yudi.

Hingga 14 Juni 2021, sudah ada 65 rumah pelanggan yang teraliri listrik.  PLN siap mengakomodir permohonan pasang baru dari masyarakat lainnya di desa tersebut.

Untuk mengaliri Desa Kekasewa, PLN membangun PLTS Kekasewa yang rampung dan telah komisioning test pada tanggal 15 April 2021 lalu dengan daya 140 kWp dan membutuhkan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2,010 kms. (bev/ol)

Leave a Comment