Polres Lain Diminta Membantu Tiga Daerah PPKM L4

Kegiatan analisa dan evaluasi (Anev) Polda NTT yang diikuti seluruh Polres Jajaran melalui Video Conference, Senin (26/7).

Yapi Manuleus

Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli, didampingi Karoops Polda NTT Ulami Sudjaja memimpin kegiatan l Analisa dan Evaluasi (Anev) Mingguan Polda NTT, Senin (26/7) pagi.

Kegiatan Anev terhadap kinerja jajaran tersebut digelar di ruang vicon lantai II Mapolda NTT, dihadiri Para Pejabat utama Polda NTT dan para Kapolres jajaran yang mengikuti melalui vicon (Video Conference).

Anev Mingguan ini merupakan sebuah wadah untuk mengoreksi kegiatan yang telah dilaksanakan serta untuk memotivasi seluruh Satker dan satuan wilayah agar lebih meningkatkan kinerjanya.

Selain itu, melalui kegiatan Anev ini pimpinan dapat mengingatkan secara langsung di masing-masing satker untuk melaksanakan tugas sesuai dengan rencana kerja yang ada.

Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Zulkifli dalam kesempatan itu memberikan apresiasi kepada Kasatker dan Kapolres jajaran atas kerja kerasnya selama ini di dalam melaksanakan kegiatan satuan dan kemasyarakatan sehingga berjalan dengan lancar.

“Saya juga mengapresiasi kepada Polres Alor atas pelaksanaan pengamanan Pilkades serentak di wilayah Kabupaten Alor berjalan dengan aman dan lancar”, ujar Kombes Pol Zulkifli.

Menyikapi situasi Pandemi Covid-19 hingga saat ini, pihaknya menekankan tiga hal sesuai dengan arahan Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif, yakni masalah penanganan dan penanggulangan penyebaran covid-19, vaksinasi dan kesiapan pemberlakukan PPKM di wilayah NTT, khusunya pemberlakukan PPKM Level 4 untuk tiga daerah di wilayah NTT yakni, Kota Kupang, Kabupaten Sikka dan Kabupaten Sumba Timur.

“Terkait penanganan dan penanggulangan penyebaran cobid-19, saya menyampaikan terimakasih atas pelaksanaan tugasnya secara maksimal. Oleh karenanya tentu perlu dievaluasi terus kegiatan kita ini, apakah sudah optimal ataukah sudah sesuai dengan yang diharapkan pimpinan”, ucapnya.

Terkait kesiapan pemberlakuan PPKM di wilayah NTT, yakni level 4 untuk tiga daerah, Kombes Pol Zulkifli, menyampaikan bahwa, Pemberlakukan dilakukan pada tanggal 26 Juli 2021 sampai dengan tanggal 2 Agustus 2021 mendatang.

“Semoga kita dapat menekan penyebaran covid-19 ini dan bisa kembali normal. Saya minta untuk Polres lain untuk tidak tinggal diam, terutama yang di perbatasan langsung dengan daerah PPKM level 4 untuk siap membantu. Jangan sampai penyekatan yang dilakukan oleh Polres Kupang Kota, Polres Sikka dan Polres Sumba Timur lolos ke perbatasan yang lain diam-diam saja”, tegas dia.

“Oleh karena itu, harus mempelajari situasi, kondisi daerah masing-masing”, tambahnya.

Pihaknya juga menyampaikan atensi Kapolda NTT khususnya terhadap Kapolres jajaran yang melaksanakan pemberlakukan PPKM level 4 bahwa, pelaksanan kegiatan harus sesuai Instruksi Mendagri Nomor :25 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 di Wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

“Agar mempedomani sesuai aturan pemerintah terkait hal-hal yang dilarang dan diperbolehkan dalam setiap kegiatan masyarakat dan kehidupan sehari-hari. Apa saja yang boleh dibuka, sampai jam berapa, semuanya ada ketentuannya itu. Jadi jangan sampai semua ditutup padahal ada yang boleh dibuka dengan pengaturan protokol kesehatan dan waktu dibukanya”, terangnya. (Yan/ol)

 

Leave a Comment