Pos TNI AL Labuan Bajo Naik Status Menjadi Lanal

Komandan Lantamal VII Kupang, Laksma TNI IG. Kompiang Aribawa,CHRMP saat menandatanganani prasasti Lanal Labuan Bajo. Foto: Gerasimos/VN
Komandan Lantamal VII Kupang, Laksma TNI IG. Kompiang Aribawa,CHRMP saat menandatanganani prasasti Lanal Labuan Bajo. Foto: Gerasimos/VN

Gerasimos Satria

Pos Angkatan Laut (AL) Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur naik status menjadi Pangkalan TNI AL (Lanal) Tipe C.

Peresmian dilakukan di Markas Komando Lanal Labuan Bajo, Kamis (22/7) siang ditandai penandatanganan prasasti Lanal Labuan Bajo oleh Komandan Lantamal VII Kupang, Laksma TNI IG. Kompiang Aribawa,CHRMP.

Amanat Kepala Staf AL,Laksamana TNI Yudo Margono yang dibacakan Komandan Lantamal VII Kupang, Laksma TNI IG. Kompiang Aribawa,CHRMP menyampaikan kenaikan status dari Pos AL menjadi Lanal kelas C itu merupakan implementasi perencanaan strategi TNI AL dalam membangun kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) untuk mewujudkan TNI AL yang profesional, modern dan tangguh. Sebagai organisasi yang dibentuk, Pangkalan TNI AL Labuan Bajo perlu didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.

Dia menyampaikan peningkatan Pos AL Labuan Bajo menjadi Lanal Labuan Bajo ini untuk merespon dinamika politik, sosial, ekonomi dan kerawanan keamanan di wilayah perairan Labuan Bajo dan sekitarnya. Pulau Komodo dan sekitarnya merupakan salah satu destinasi wisata super premium prioritas. Selain itu, letak geografis Lanal Labuan Bajo juga sangat strategis karena berdekatan dengan Selat Sape yang merupakan salah satu selat yang sangat rawan dalam aktivitas pelayaran.

Kompiang Aribawa mengatakan meskipun berkedudukan di Labuan Bajo, namun wilayah kerja Lanal Labuan Bajo cukup luas yakniKabupaten Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat. Pihaknya membutuhkan kerjasama yang baik dengan seluruh pemerintah daerah dan aparat keamanan agar tugas pengamanan laut dan pembinaan potensi maritim di wilayah Labuan Bajo dapat dilaksanakan secara optimal.

Dia menyampaikan Lanal Labuan Bajo sudah siap mengamankan pelaksanaan event internasional di Labuan Bajo. Serta bersinergi dan kerjasama dengan TNI dan Polri dalam rangka menjaga keamanan laut.

“Dengan naik jadi Lanal tipe C, sarana dan prasarana juga akan bertambah, termasuk SDMnya,” tambah Aribawa. (bev/ol)

Leave a Comment