PPDB Dipastikan Berbasis Offline dan Online

Linus Lusi Kadis P dan K Provinsi NTT

Kekson Salukh

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Linus Lusi mengatakan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) tahun 2021 dipastikan masih memberlakukan sistem penerimaan berbasis offline dan online.

Petunjuk teknis pelaksanaan PPDB akan diterbitkan  dalam bentuk Peraturan Gubernur (Pergub) dan sedang dilakukan pengkajian di Biro Hukum. Kendati demikian, penyebaran atau pelaksanaan teknisnya nanti diatur oleh pihak sekolah.

“Pihak sekolah sudah mengetahui tahapan pelaksanaannya tetapi secara legalitas mesti mendapat acuan normatif bagi sekolah. Teknisnya pelaksanaannya sedang dikaji oleh Biro Hukum Sekda NTT,” kata Linus Lusi saat diwawancara VN, Sabtu (5/6).

Dalam juknis tersebut akan ditetapkan waktu pelaksanaan pendaftaran termasuk jumlah siswa per rombongan belajar (Rombel) dan mempertimbangkan aspek pandemi covid-19 saat ini.

Menurut Linus, PPDB berjalan normal namun KBM akan diatur melalui kesepakatan otoritas sekolah dan orang tua siswa serta pihak lain atau pemerintah daerah setempat.

Ia menambahkan, sesuai dengan pantauan dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT sejak pembukaan kembali KBM tatap muka pada 3 Mei di kalangan SMA/SMK masih berlangsung aman dan lancar.

“Ini menjadi acuan untuk penentuan pelaksanaan atasi kreativitas guru dengan diawasi pengawas agar menghasilkan metode-metode yang tepat dengan situasi saat ini. Pantauan kami hasil KBM tatap muka ini berjalan aman dan lancar,” pungkasnya. (Yan/ol)

Leave a Comment