Rayakan Pancawindu Imamat, Pater Kaliktus Bersyukur Kerja di Kebun Anggur Tuhan

Pater Kaliktus Lega Kedang, SVD yang memimpin langsung acara perayaan Pancawindu 40 tahun Imamatnya didampingi Uskup Agung Ende, Mgr. Vinsensius Potokota, bersama beberapa imam, di Gereja Paroki HY-HM, Nagekeo, Provinsi NTT, Minggu (20/6).

Bernard Sapu

 

Umat Katolik Paroki Hati Yesus-Hati Maria Boanio, Desa Olaia, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Provinsi NTT melaksanakan perayaan syukur Pancawindu (40 tahun) Imamat dari Pastor Kaliktus Lega Kedang, SVD, Minggu (20/6).

Rangkaian kegiatan diawali dengan misa syukur di Gedung Gereja Paroki Hati Yesus-Hati Maria (HY-HM) yang dipimpin langsung oleh Pater Kaliktus Lega Kedang, SVD selaku Pastor Paroki HY-HM didampingi Uskup Agung Ende, Mgr. Vinsensius Potokota, bersama Pater. Porsi Nusa , SVD, Rektorat wilayah Ngada. Pater Lukas Djua, SVD, Pater Iwan, Pater Anton Hayon, Pater. Ignas Dasion, SVD, Pater Mikhael De Fretes, SVD. Pater. Kanis Bhila, SVD, Pater. Thadeus Gruca, SVD.

Dalam khotbahnya Pater Kaliktus Lega Kedang menekankan soal pentingnya pemahaman atas Sabda Allah. Karena hal itu akan menguatkan siapa saja dalam kehidupan setiap hari.

“Jika semua didasari dengan Sabda Allah maka saya yakin dalam kehidupan kita bisa berjalan baik tanpa kekhawatiran,”ungkapnya.

Putra dari Nobo Flores Timur-Lamaholot ini menyampaikan, dirinya bersyukur diusia 75 tahun ini diberi kesehatan dan tetap setia sebagai imam hingga Pancawindu.

“Saya bersyukur bekerja di kebun anggur Tuhan dengan berbagai tugas perutusan. Sejak dari awal saya ditugaskan sebagai seorang imam dalam tugas pelayananNya sampai dengan saat ini saya tetap di Paroki HY-HM Boanio. Dari dulu Boanio masih Gereja kecil dan kini telah menjadi paroki sendiri dengan nama Paroki HY-HM Boanio, hingga hari ini kita merayakan syukur Pancawindu 40 tahun Imamat. Kesemuanya ini atas berkat dukungan umat dan keluarga, jika tanpa dukungan umat tentu kita tidak akan berjalan dengan sempurna,”tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Uskup Agung Ende, Mgr. Vinsensius Potokota dalam sambutannya mengatakan, karya Imamat Pater Kaliktus Lega Kedang, SVD, bergerak mulai dari kebutuhan umat, maka dalam semangat gotong royong mulai membangun gereja dan menjadi Paroki HY-HM Boanio.

“Pater Kaliktus Lega Kedang, SVD ini orang yang baik dan disiplin. Sikap disiplinnya sudah tertanam sejak dirinya dipanggil menjadi pelayan umatnya,”paparnya.

Perayaan syukur Pancawindu Imamat ini dibalut dengan moto Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik, kekal abadi kasih setianya (MZ.118:1).

Ketua Panitia Pancawindu, Antonius Moti mengatakan, tak ada keistimewaan yang lebih paripurna selain dari pada dia yang setia merawat dan menjalankan pilihan hidupnya hingga abadi.

Antonius yang sekaligus mewakili tokoh umat Paroki HY-HM Boanio, menambahkan, Pater Kaliktus Lega Kedang ,SVD telah memenangkan pergumulan hidupnya, baik dengan diri sendiri maupun dengan dunia di sekitarnya selama 40 tahun, berkarya sebagai imam, terutama selama berkarya di Paroki HY-HM Boanio.

Di Paroki HY-HM Boanio ini, lanjut Antonius, pertama kali dipercayakan sebagai Pastor Paroki HY-HM, setelah sebelumnya beliau bertugas sebagai formatur di SMK Syuradikara-Ende dan bekerja di Pondok SVD Danga.

“Kini menjadi satu-satunya Paroki yang beliau layani, terdapat begitu banyak hal baik yang sudah dibuat oleh Pater Kaliktus Lega Kedang, SVD ini. Pater Kaliks Lega Kedang bersama Pater Charles Beraf ini yang memprakarsai pembangunan gereja Boanio yang nampak megah saat ini,”imbuhnya.

Antonius mengatakan, selain itu juga Pater Kaliktus Lega Kedang juga telah membawa perubahan signifikan terhadap kehidupan iman umat Paroki HY-HM Boanio, mulai cara hidup dan kesaksiannya perlahan-lahan umat Paroki Boanio mulai berubah, baik hidup rohani, keterlibatan dalam kegiatan gerejani, maupun kehidupan ekonomi rumah tangga.

Pantauan VN acara perayaan syukur Pancawindu 40 tahun Imamat tersebut menerapkan protokol kesehatan serta dijaga ketat aparat Kepolisian Resort Nagekeo. Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah Pejabat di lingkup Pemda Nagekeo serta anggota DPRD Nagekeo dan tokoh adat , tokoh masyarakat serta tokoh agama. Acara ramah tamah tersebut berlangsung di halaman Gedung Gereja Paroki HY-HM Boanio. (Yan/ol)

Leave a Comment