RSIA Dedari Bantu Pembuatan Akta Lahir Anak

Simon Selly

Wakil Wali Kota Kupang dr. Herman Man mengapresiasi RSIA (Rumah Sakit Ibu dan Anak) Dedari Kupang Kupang dalam upaya membantu pengurusan akta kelahiran dan identitas anak.

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Kupang saat melauncing program percepatan pembuatan akta lahir dan kartu identitas anak di RSIA Dedari Kupang, Jumat (23/7) pagi di RSIA Dedari.

Ia mengatakan bertepatan dengan Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2021, hak anak dalam mendapatkan data diri baik itu akta lahir anak maupun hak sipil anak lainnya perlu diperhatikan dengan baik

“Kita bersyukur kepada Tuhan, hari ini merupakan hari anak nasional dan kegiatan ini berkaitan dengan anak, baik dari hak akta lahir, hak untuk mendapatkan nama dan hak sipil anak,” ujarnya.

Identitas diri anak merupakan sesuatu yang sangat penting bagi anak dan orang tua wali untuk mendapatkan akses hak anak sejak lahir. Hal tersebut merupakan bentuk hak dari setiap anak yang hari ini telah dilakukan oleh pihak RSIA Dedari Kupang.

“Setiap anak harus mendapatkan akta anak, namun untk RDIA Dedari jemput bola dengan program ini Akta Anak. Nama sangat penting, untuk orang tua anak,” ujarnya.

Wawali juga menjelaskan, untuk fasilitas kesehatan (Faskes), yang berada di Kota Kupan perlu meneladani RS Dedari.

“Kita akan keluarkan dalam bentuk Peraturan Wali Kota, agar setiap Faskes di yang wilayah kerja di Kota Kupang dapat mengakses hal serupa untuk memberikan pelayanan akta lahir bagi anak yang menjadi hak anak,” ujarnya.

Secara terpisah, Direktris RSIA Dedari Kupang dr. Nanin Susanti, Akp, MARS mengaku berterima kasih atas kesempatan yang diberikan Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Kota Kupang yang menjadikan RSIA Dedari sebagai faskes yang dipercayakan untuk program tersebut.

Dalam program percepatan Akta Lahir dan Kartu Identitas Anak, RSIA Dedari telah melakukan kerjasama dengan pihak Dukcapil bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Kupang, sehingga program tersebut dapat berjalan sejak Juni 2021.

“Kami senang sekali diberi kesempatan untuk bekerjasama dengan Dukcapil, mulai bukan Juni 2021, kami juga sangat berterima kasih dengan kesempatan dengan pemerintah kota Kupang,” ujarnya.

Dalam launching ini, Pemkot Kupang secara simbolis menyerahkan akta lahir 8 orang anak kepada orangtua masing-masing

Untuk saat ini, kata dr. Nanin RSIA Dedari telah membantu masyarakat  Kota Kupang untuk memperoleh 68 akta lahir anak.

“Untuk kota Kupang kita telah membatu dalam kepengurusan Akta lahir anak, kurang lebih 68 akta,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Kupang Herman Man, Kadis Pemberdayaan Perempuan kota Kupang Clementina Suengkono, Kadis Kesehatan Kota drg. Retnowati, Wakil Direktur RSIA Dedari dr. Shinta Witari, direktris RSIA Dedari Kupang, dr. Nanin Susanti, dan Lurah TDM Imanuel Uly. (bev/ol)

Leave a Comment