RSIA Dedari Kupang jadi Rumah Sakit Pertama Percepatan Pembuatan Akta Anak

Direktris RSIA Dedari Kupang dr. Nanin Susanti Akp.,MARS, (kanan) saat memberikan akta anak kepada salah satu keluarga pasien.

Simon Selly

 

Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Dedari merupakan salah satu fasilitas kesehatan (Faskes) yang ditunjuk menjadi rumah sakit pertama yang melakukan percepatan pembuatan Akta Anak di NTT.

Hal tersebut disampaikan Kadis P3A Provinsi NTT, Iien Adriany kepada VN, Senin (7/6) siang.

Ia menerangkan faskes RSIA Dedari Kupang saat ini menjadi salah satu faskes yang dilakukan pengujian untuk mengakses Akta Anak secara cepat.

“RSIA Dedari ini, sebagi Rumah Sakit pertama di NTT, yang dilakukan percepatan pembuatan Akte Anak di NTT, hal ini merupakan salah satu program Pemerintah yang bekerjasama dengan
Dukcapil Provinsi NTT, Dinas P3A dan Dukcapil Kabupaten/Kota se-NTT,” jelasnya.

RSIA Dedari akan menjadi contoh bagi Faskes lainnya dalam menghasilkan akta anak, sehingga pasien pulang langsung membawa Akta Kelahiran anak.

“Ini salah satu program yang memudahkan masyarakat dalam memperoleh akta anak, jadi tidak boleh repot-repot untuk harus keluarga mengurus sendiri. Selain warga kota Kupang juga bisa dilayani warga dari Kabupaten di wilayah Provinsi NTT, karena sudah ada dalam satu grup percepatan akta anak di NTT,” ujarnya.

Direktur RSIA Dedari Kupang dr. Nanin Susanti juga menambahkan, RSIA Dedari telah melayani pasien yang mengurus akta anak sejak 31 Maret 2021 hingga saat ini.

“RSIA Dedari Kupang sudah melakukan itu dan sudah melayani pembuatan akta bagi pasien yang lahiran di RS. Dedari Kupang mulai dari tanggal 31 Maret 2021,” tuturnya.

Proses mendapatkan akta anak, tidak mengunggu waktu yang lama.

“Paling beberapa jam sudah bisa didapat dan kalau semua lancar, tapi kalau tidak bisa sehari proses mendapatkan akta lahir itu,” Pungkasnya. (Yan/ol)

Leave a Comment