RSUD S K Lerik dan Puskesmas Perkuat Sistem Rujukan

Putra Bali Mula

 

Dinas Kesehatan Kota Kupang menggelar rapat bersama Manajemen RSUD S K Lerik bersama dengan 11 kepala Puskesmas di Kota Kupang untuk memperkuat sinergitas menuju pelayanan kesehatan yang paripurna di Kota Kupang.

Rapat ini berlangsung di RSUD S K Lerik, Rabu (24/11). Rapat dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg Retnowati, Direktur RSUD S K Lerik, dr Marsiana Halek dan semua kepala Puskesmas di Kota Kupang.

Drg Retnowati dalam rapat itu menjelaskan tujuan rapat tersebut untuk memperbaiki sistem rujukan pasien yang berasal dari Puskesmas atau dirujuk dari Puskesmas ke
Rumah Sakit

“Jadi seyogyanya kita sebagai suatu Kesatuan Pemerintah Kota Kupang, agar rumah sakit daerah Kota Kupang juga bisa terus berkembang,” ujar Retno.

Ia juga meminta pihak rumah sakit untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Juga tentang cara pelayanan, SDM harus ditingkatkan dan diperbaharui, dengan pelatihan dan berbagai seminar.

Sementara itu, Direktur RSUD S K Lerik, dr Marsiana Halek mengatakan, rapat tersebut untuk memperkuat sinergitas menuju pelayanan kesehatan  paripurna.

Kunjungan ini, kata dr Marsiana, merupakan fungsi kontrol dan penguatan koordinasi serta sinergitas antara Dinas Kesehatan dengan unit yang terkait dengan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Kami optimis dengan sinergi yang terus terbangun maka makin meningkatkan upaya layanan kesehatan kepada masyarakat ke depannya,” ujarnya lagi.

Sejalan dengan fungsi koordinasi dan kontrol yang dijalankan oleh dinas kesehatan, dalam pertemuan ini diperoleh banyak hal terkait dengan teknis pelayanan kesehatan yang ditujukan buat perbaikan pelayanan kesehatan yang berujung pada terciptanya optimalisasi layanan kesehatan.

Dalam pertemuan ini, kata Marsiana, juga menguatkan kembali sinergitas dan kolaborasi antara Puskesmas dan RSUD S K Lerik bahwa pelayanan kesehatan secara berkesinambungan kepada masyarakat lahir dari sinergi antara puskesmas-puskesmas sebagai unit layanan kesehatan dibawah kendali langsung Dinas Kesehatan. Menurut dia, apabila terdapat layanan yang membutuhkan rujukan, maka dapat ditindaklanjut dengan melakukan rujukan ke RSUD SK Lerik.

Dengan kedudukan sebagai RSUD tipe C, selain memiliki pelayanan yang sudah terstandarisasi, RSUD S K Lerik juga memiliki tambahan layanan yang memadai untuk dapat dinikmati masyarakat.

Rumah sakit ini bahkan sudah ada penyelenggarakan kegiatan poli sore untuk memberikan kesempatan pada masyarakat mendapatkan pelayanan secara lebih luas lagi.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Kepala Dinas Kesehatan bersama rombongan kepala Puskesmas juga melakukan peninjauan langsung atas fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh RSUD S K Lerik dan memberikan apresiasi atas layanan-layanan yang dimiliki saat ini. (Yan/ol)

Leave a Comment