Rumah Ibadat dan Kios di SBD Langgar PPKM

Ketua Posko Satgas Covid tingkat kabupaten SBD, Matias Djenga
Ketua Posko Satgas Covid tingkat kabupaten SBD, Matias Djenga

Frengky Keban

Ketua Posko Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Tingkat Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), NTT Matias Djenga menyebut masih ada sejumlah fasilitas umum di wilayah tersebut yang tidak taat aturan PPKM sebagaimana yang termaktub dalam Surat Edaran Bupati Nomor BU.600/110/53.18/VII/2021 lalu.

Hal ini ia sampaikan dalam laporan awalnya pada rapat evaluasi bersama di Aula Rujab Bupati, Jumat (23/7) pagi.

Matias menjabarkan dari 164 fasilitas umum yang ada di SBD, mulai dari kios hingga SPBU masih ada 10 fasilitas yang melanggar peraturan PPKM. Ada 5 kios, 2 masjid, 2 warung dan 1 toko buah yang belum taat.

“Semua didata saat patroli mulai 12 Juli lalu,” ujarnya.

Tim juga menemukan masih terjadi penolakan terhadap penjemputan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 untuk isolasi terpusat. Bahkan di beberapa titik,  masih ada sekolah dan rumah ibadah yang melakukan aktivitas pada zona merah dan orange. Pesta adat pun masih sering dilakukan.

“Begitupun dengan pemakaman orang meninggal kami masih temukan lebih dari 2 x 24 jam. Juga ada penolakan pemakaman secara protokol Covid -19 bagi pasien meninggal. Sedang untuk data pasien terkonfirmasi positif rapid antigen itu ada 55 sejak penerapan PPKM. Untuk totalnya sendiri ada 75, 68 diantaranya sedang menjalani isolasi terpusat di RSUD Redambolo sisanya di tempat lain yang sudah ditetapkan,”ungkapnya.

Sementara Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete menyebut usai pelaksanaan PPKM tahap I, penting agar PPKM itu sendiri tetap dilanjutkan hingga tanggal 8 Agustus mendatang.

“Kita akan lanjutkan PPKM ini dan dimulai tanggal 25 Juli hingga 8 Agustus. Draftnya sudah ada yang tentu akan kita kaji bersama. Yang terpenting bagi kita agar pelaksanaan PPKM tahap II ini bisa berjalan lebih maksimal ketimbang tahap I kemarin,”pesannya.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete, Wakil Bupati, Marthen Christian Taka, Ketua DPRD SBD, Rudolf Radu Holo, Wakil Ketua 1 DPRD SBD, Haji Samsi Pua Golo, Plt Sekda, Bernadus Bulu, Kasdim Kodim 1629/SBD, Sunoko, Kapolres SBD, AKBP. Joseph F. Mandagi, para pimpinan OPD Lingkup Pemkab SBD, para tokoh agama, kepala puskesmas dan sejumlah tamu undangan lainnya. (bev/ol)

Leave a Comment