Satu Keluarga di Boawae Positif Covid-19

Bernard Sapu

 

Satu keluarga di RT 12 Lingkungan Ola Nage, Kelurahan Natanage Timur, Kecamatan Boawae-Kabupaten Nagekeo-Provinsi NTT dinyatakan positif Covid-19.

Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Boawae, Wilfrida Daeny kepada awak media, Sabtu (26/6) malam. Keluarga tersebut dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test antigen yang dilakukan oleh para petugas medis pada hari Sabtu (26/6) sejak pagi hingga sore tadi.

“Kepala keluarganya inisial YB (69). Ada delapan orang dalam rumah, yang sudah dirapid,”ungkapnya.

Wilfrida menyampaikan, selain di keluarga YB, ternyata ada juga di RT yang sama yakni RT 12 satu keluarga yang positif, berdasarkan hasil rapid test hari ini yakni di Keluarga FL (55), dan empat anggota keluarganya negatif.

Mereka yang dinyatakan positif tersebut ada yang disertai dengan gejala batuk, pilek dan ada juga yang tanpa gejala. Saat ini mereka tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Setelah ditelusuri, lanjut Wilfrida satu keluarga YB ini diduga pernah kontak erat dengan H, pasien yang saat ini sedang koma di RSUD Ende rujukan dari Puskesmas Boawae. Pasien tersebut diketahui pernah tinggal di rumah YB selama dua Minggu.

“Saat ini kami bersama teman-teman para medis serta aparat TNI-POLRI masih ada di lokasi guna melakukan tracing lanjutan, siapa-siapa saja yang diduga pernah kontak erat dengan mereka,”imbuhnya.

Wilfrida mengatakan, hingga hari ini di Kecamatan Boawae, total kasus Positif Covid-19 berjumlah 16 orang yang sedang menjalani karantina mandiri.

Sementara itu Camat Boawae Vitalis Bai, kepada VN dihari yang sama meminta masyarakat Boawae seluruhnya untuk melaksanakan social and physical distancing (Jaga jarak dan menghindari keramaian) serta memakai masker ketika berada diluar rumah serta selalu berada di rumah (stay at home) kecuali untuk keperluan yang bersifat mendesak seperti kebutuhan pangan dan obat-obatan. (Yan/ol)

 

Leave a Comment