Sekarang atau tidak Sama Sekali!

TIMNAS Selecao Brasil akan berhadapan dengan Tango Argentina pada partai final Copa America 2021 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil Minggu (11/7) pukul 08.00 Wita.

Final ini dianggap sebagai final yang ideal. Selain dilatarbelakangi rivalitas, kedua negara ini juga memiliki pemain-pemain berkualitas.

Partai klasik episode 106 ini, juga akan menjadi duel antara dua sahabat lama, Lionel Messi dan Neymar.

Sejumlah pertanyaan pun menyeruak. Akankah Neymar mampu membawa rekan-rekannya mempertahankan gelar juara yang direbut tahun 2019? Mampukah Neymar mempersembahkan gelar ke-10 bagi timnya?

Atau, akankah Messi bisa meraih gelar pertamanya bersama timnas senior Argentina? Akankah Argentina meraih titel Copa America pertama mereka sejak 1993? Akankah Argentina menyamai rekor Uruguay 15 kali menjuarai Copa America?.

Dari rentetan pertanyaan itu, ada satu pertanyaan yang paling dinanti publik bola dunia adalah tentang Messi. Pertarungan final besok, disebut-sebut paling menentukan kiprah Messi di Timnas Tango. Inilah kesempatan terakhir bagi pemain terbaik dunia enam kali itu untuk mencoba meraih piala.

Maklum saja, Copa America dua tahun mendatang (2023), Messi sudah memasuki usia 36 tahun. Usia yang sudah tidak mungkin lagi membuatnya berminat masuk Timnas. Itulah sebabnya, media-media Argentina menilai inilah kesepantan terakhir bagi sang maestro. Now or Nothing atau sekarang atau tidak sama sekali!

Banyak kalangan memprediksi, Messi masih akan tampil di pagelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Namun, sebelum ke sana, ia akan berusaha sekuat tenaga untuk meraih Copa America yang sudah tiga kali lepas dari genggamannya. Termasuk final Piala Dunia 2014 Brasil saat Tango takluk 0-1 dari Jerman.

Di final Copa America 2007, Messi dkk ditaklukkan Brasil 0-3. Belanjut di Copa America 2015, Messi yang saat itu sudah menjadi kapten Tango, gagal di tangan tuan rumah Cile lewat drama adu penalti. Berlanjut di Final Copa America 2015 di USA, lagi-lagi Messi dkk ditaklukan Cile, juga lewat drama adu penalti.

Tango Optimitis

Mencermati pertemuan dua raksasa bola Amerika Selatan ini, para pengamat bola menjagokan Brasil akan kembali mempertahankan gelar. Selain faktor Neymar yang juga menginginkan mengakat tropi sebagai kapten, faktor tuan rumah juga faktor penting Selecao diunggulkan.

Namun, para pemain Argentina mengaku sangat optimistis memenangkan pertandingan. Bagi mereka, pertandingan besok pagi dikhususkan bagi orang yang paling mereka sayang, yaitu Lionel Messi. Motivasi inilah yang melipatgandakan semangat mereka.

Bomber Inter Milan Lautaro Martinez bertekad bermain all out untuk Messi. Ia bertekad membantu Messi memenangi gelar juara Piala Dunia.

“ Leo (Lionel Messi) seperti (Diego) Maradona bagi kami. Saya ingin membantunya dan Argentina untuk memenangkan Piala Dunia. Bermain di turnamen itu adalah impian saya,” ujarnya pada La Repubblica.

Kiper Argentina Emiliano Martinez sampai menteskan airmata ketika mendapat pelukan dari Messi untuk mengantarkan Argentina menuju final lewat drama adu penalti kontra Kolumbia.

“Saya dan rekan-rekan sangat mencintai Messi. Kami siap memberikan seluruh kemampuan kami di final. Dan apabila kami menjuarai Copa America, saya akan lebih bahagia untuk Messi daripada diri sendiri. Saya bahkan siap mengorbankan nyawa agar Messi bisa mencapainya,” sebut Martinez.

Sementara itu, Neymar kepada pers menegaskan bahwa di luar lapangan keduanya adalah sahabat dekat. Namun di lapangan keduanya tetap profesional. “Di luar (lapangan) kami adalah sahabat dekat. (seperti saudara) Tapi di atas lapangan, kami tetap profesional dan akan saling mengalahkan,” tuturnya. (paa/pol/ari/yan/ol)

 

HEAD TO HEAD UMUM
—————–
Bertemu : 105 Pertandingan
Brasil Menang : 44 kali
Argentina Menang : 39 kali
Imbang : 22 kali

 

REKOR NEYMAR vs MESSI
=========================
18/11/2010 Argentina vs Brasil 1-0 Frendly Doha Qatar
10/06/2012 Brasil vs Argentina 3-4 Frendly New Jersey AS
11/10/2014 Argentina vs Brasil 0-2 Frendly Beijing China
11/11/2018 Brasil vs Argentina 3-0 Kualifikasi PD Brasil

HEAD TO HEAD COPA AMERICA
—————————-
03/03/2019 Brasil vs Argentina 2-0
01/07/2007 Brasil vs Argentina 3-0
26/07/2004 Brasil vs Argentina 2-2 (penalti 4-2)
11/07/1999 Brasil vs Argentina 2-1
17/07/1995 Brasil vs Argentina 2-2 (penalti 4-2)

 

Catatan: Dalam tubuh berita

Leave a Comment