Sekolah Pengusaha BI NTT kembali Digelar

Putra Bali Mula

 

Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTT kembali membuka program BI YES (Young Enterpreneur School) atau sekolah pengusaha untuk masyarakat NTT yang dapat menghasilkan pengusaha baru. Tahun ini diprogramkan tiga batch sekolah dengan masing-masing peserta yaitu 50 per batch.

Kelas ini akan dilaksanakan setiap Sabtu yang berlangsung selama tiga bulan per batch. Para peserta dapat mengakses informasi ini di Bank Indonesia NTT atau melalui kanal media sosial mereka.

Kepala BI NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja saat kick-off event BI YES, Kamis (10/6) menilai pengusaha di NTT sangat minim. Untuk itu sekolah ini dibuka dengan dua kelas yaitu kelas dasar atau basic maupun kelas pengusaha atau advance.

Kelas basic lebih condong untuk pemula yaitu dengan membuat rencana bisnis dan benar memiliki komitmen kuat membangun usaha dari kemasan sampai dengan memasarkan.

Sementara untuk kelas pengusaha yang perlu mengembangkan usaha. Pada kelas ini untuk mempelajari soal jaringan atau membuka akses pasar lebih besar.

“Pengusaha di NTT masih minim,” kata dia.

BI YES ini juga mengundang berbagai pengusaha dari luar yang akan memberikan pelatihan dan motivasi dalam penjualan. Terkait akses pembiayaan dan perbankan salah satunya juga yang mengisi kegiatan itu ialah Direktur Utama Bank NTT, Alex Riwu Kaho.

Tahun ini tiga batch 150 untuk rekruitmen sehingga ia berharap dapat diakses oleh masyarakat NTT.

“Semakin banyak pengusaha semakin banyak yang tidak bergantung dengan pemerintah,” lanjut dia.

Sekretaris Disnakertrans NTT, Johanis Mau, menilai ini merupakan gagasan terarah untuk dari Bank Indonesia mendorong tumbuhnya usaha baru. Peserta BI YES ini juga salah satunya dipakai menjadi mentor untuk pelatihan yang diselenggarakan oleh Disnakertrans NTT. (Yan/ol)

Leave a Comment