Seleksi Mahasiswa Baru Poltekkes Kupang dengan Prokes Ketat

 

Putra Bali Mula

 

Politeknik Kesehatan Kemenkes (Poltekkes) Kupang menggelar seleksi penerimaan mahasiswa jalur mandiri selama empat hari. Proses ini melalui protokol kesehatan yang ketat bagi para peserta yang mengikuti ujian.

Pantauan VN di lokasi, Rabu (23/6) mendapati hal tersebut. Para peserta yang berseragam putih hitam menempati bilik-bilik komputer dengan menggunakan masker dan sarung tangan medis.

Ada sekitar 16 sesi dan setiap hari akan ada 4 sesi. Setiap sesi dengan kuota 50 orang calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi.

“200 anak dites per hari,” jelas Norma Kambuno, Kepala Laboratorium Computer Basis Test (CBT) yang ditemui VN di lokasi test.

Protokol kesehatan diterapkan dalam tes ini dan Poltekkes Kemenkes Kupang memberikan masker dan sarung tangan baru kepada peserta seleksi yang sebelumnya mencuci tangan dan diperiksa suhu tubuh.

Sebelum masuk ke ruangan tes para peserta memasuki ruang transit kurang lebih selama 60 menit untuk mempersiapkan diri sesuai protokol kesehatan. Setiap pergantian sesi juga dilakukan sterilisasi ruangan laboratorium komputer yang digunakan untuk test.

Durasinya satu setengah jam setiap sesi. Soal yang diujikan beragam meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA berbasiskan penggunaan komputer.

Seleksi ini berdasarkan sistem ranking sesuai kuota mahasiswa yang dibutuhkan tiap program studi di antaranya seperti program studi bidan, perawat, gizi, sanitasi, kesehatan gigi. Tes ini sudah dimulai sejak Selasa (23/6) hingga dengan Jumat ini (25/6).

Ada juga beberapa peserta terdaftar yang tidak hadir saat tes dilakukan tetapi tidak sampai 10 persen jumlahnya dari keseluruhan yang terdaftar. (Yan/ol)

Leave a Comment