Sistem Eror, BMKG Kirim Peringatan Dini Tsunami Palsu

 

 

 

Peringatan Dini Tsunami BMKG melalui telepon seluler viral di media sosial. Bukannya menimbulkan kewaspadaan tapi menimbulkan kegelisahan karena ternyata isu tsunami itu tidak benar adanya.

Hal ini bermula saat sebagian masyarakat menerima peringatan dini tsunami melalui telepon seluler (ponsel) namun tak ada penjelasan lanjut dari BMKG soal ini.

“Saya terima sms dari kominfo bmkg seperti ini… Peringatan Dini Tsunami di JATIM NTB BALI NTT JATENG Gempa Mag:8.5 04-Jun-21 10:14:45WIB Lok:10.50LS 114.80BT Kdlmn:10Km::BMKG. Bisa dijelaskan ini apa ya?? Perkiraan gempa atau apa??,” tulis akun Twitter @omingbudis, Kamis (27/5).

Tangkapan layar informasi yang diterima dari BMKG. Foto: Inews.id

Tangkapan layar informasi yang diterima dari BMKG. Foto: Inews.id

Peringatan tersebut tidak menyebutkan lokasi spesifik, hanya nama provinsi yakni Jawa Timur (Jatim), Nusa Tenggara Barat (NTB), Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Jawa Tengah (Jateng).  Setelah viral, BMKG meminta maaf atas kesalahan peringatan dini mengenai isu tsunami tersebut. BMKG menyebut ada kesalahan sistem.

“Mohon maaf pak, ada error di sistem kami, saat ini sedang kami telurusi,” kata Kepala Bagian Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana kepada wartawan, Kamis sepertidilansir inews.id. (bev/ol)

Leave a Comment