Tahun Depan Pemerintah Bangun UMKM Ternak

Putra Bali Mula

Kementrian Koperasi dan Bappenas tahun depan mengalokasikan anggaran untuk membangun rumah produksi UMKM ternak di NTT sebagai pilot project di Indonesia.

Anis Mau, Kepala bidang Koperasi dan UMKM Diskopnakertrans NTT, Sabtu (19/6) mengatakan rencana ini  akan dieksekusi tahun depan antara di Sumlili atau Besipae.

Untuk sementara lahan yang dibutuhkan sesuai rencana, 3-5 hektare dan Pemerintah NTT akan siapkan lebih dari itu. Malaka, Belu, TTU, dan Kabupaten TTS akan menjadi penyangga selain pemosok utama di Kabupaten Kupang.

“Karena kita ada potensi untuk itu dan diharapkan teman-teman dari daratan Timor sebagai penyangga, tidak kita harapkan dari Kabupaten Kupang saja,” kata dia.

Setiap tahap mulai dari lahir, pemeliharaan, penggemukan, hingga daging akan disiapkan SDM-nya.

Rencana ini sesuai keinginan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, agar NTT dapat menjadi daerah pemasok daging sapi.

Dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dari Kementrian Koperasi untuk melaksanakan rencana ini. Pembahasan kegiatan ini nantinya dari Kementerian Koperasi.

Bank Indonesia Perwakilan NTT sendiri sedang mengembangkan Koperasi Mandiri Jaya yang bekerjasama dengan Kalimantan Timur yaitu NTT sebagai pemasok. Kalimantan kemudian yang akan membesarkan dan menjualnya. (bev/ol)

Leave a Comment