Target Dua Emas Bisa Dicapai Petinju NTT

Para petinju PON NTT berlatih di Sasana Tinju Pertina NTT yang terletak di Kompleks GOR Flobamora Oepoi Kupang, kemarin. Foto: Simon Selly vn

Simon Selly

TARGET meraih dua medali emas di arena PON XX Papua 2021, diyakini bisa dicapai petinju-petinju NTT. Alasannya, persiapan dan latihan petinju NTT terprogram dengan bagus.

Keyakinan itu dikemukakan mantan Ketua Umum PB Pertina NTT Irjen Pol Johni Asadoma saat memantau latihan petinju NTT di Aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kupang Sabtu (11/9) petang.

“Melihat persiapan tim tinju NTT ini, sudah bagus, baik dari aspek materi yang diterima dari dari tim tinju juga baik. Apalagi dilatih oleh mantan-mantan juara,” ujar Johni yang adalah mantan petinju Olimpiade Atalanta AS 1984 itu.

Ia mengatakan, dengan waktu yang semakin dekat untuk tanding di Papua, ia berharap para petinju mempersiapan diri baik teknik, taktik, dan kesehatan agar mampu berprestasi tinggi.

“Saya berharap, para petinju bisa meraih prestasi tertinggi dengan meraih medali emas di PON Papua. Diperlukan juga dukungan doa dari seluruh masyarakat NTT,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pengprov Pertina NTT Samuel Haning mengaku tim tinju NTT telah berlatih sentralisasi selama kurang lebih satu bulan lebih dengan pola latihan secara maksimal.

“Sudah satu bulan lebih kita telah melalukan TC sentralisasi, dan persiapan mereka juga maksimal serta kita mendukung juga para pelatih yang memberikan pola latihan dengan program-program yang maksimal,” ujar Haning.

Sam juga meyakin target dua medali emas bisa diraih berkat latihan dan dispilin yang keras selama persiapan serta dengan dukungan doa dari seluruh masyarakat NTT. “Saya memohon dukungan doa dari masyarakat NTT, sehingga para petinju dapat memberikan yang terbaik di PON Papua. Tentu penyertaaan Tuhan Yesus adalah kuncinya,” pintanya.

Disaksikan VN, dalam kegiatan itu dihadiri juga mantan Ketua Umum PP (Pengurus Pusat) Pertina Johni Asadoma, Ketua Pengprov Pertina NTT Samuel Haning, pelatih dan juga petinju dalam training tersebut.

Untuk diketahui, tim tinju NTT menjalani sentralisasi latihan di Hotel Sasando Kota Kupang selama kurang lebih satu bulan tiga minggu sebelum diberangkatkan ke Papua.

Pengprov Pertina NTT juga menyertakan empat petinju lapisan kedua bersama petinju yang lolos PON. Mereka adalah Riko Daud di kelas 46 kilogram putra, Niky Dura (49 Kg putra), Kristianus (56 Kg putra), dan Sultan Lani (64 Kg putra).

Empat atlet lapisan kedua tersebut, saat ini dipersiapkan bersama 10 atlet lainnya, sekaligus menjadi teman sparing setiap hari Sabtu di Sasana Tinju Pertina NTT yang terletak di Kompleks GOR Flobamora Oepoi Kupang. (R-01/yan/ol)

 

Data Cabor Tinju PON XX Papua 2021
——————————–
Pelaksanaan : 20 Oktober – 4 November 2021
Jumlah Kelas : 17 (10 Putra dan 7 Putri)
Medali : 17 Emas, 17 Perak, 17 Perunggu
Venue : GOR Cenderawasih Jayapura

10 Petinju NTT di PON XX Papua 2021
————————————-
Enjelina Ni’is 45 Kg putri (Belu)
Sandu Kalvin 48 Kg putri (Kota Kupang)
Yudith Monino 51 Kg putri (Belu)
Serli Kase 54 Kg putri (Belu)
Erniati Ngongo 60 Kg putri (SBD)
Imakulata Loda 64 Kg putri (SBD)

Albert Taralandu 46 Kg putra (Sumba Timur)
Mario Kali 49 Kg putri (Belu)
Lucky Harry 56 Kg putra (Kota Kupang)
Libertus Ga 64 Kg putra (Belu)
——————————————
Sumber: Pusdatin VN

 

Leave a Comment