Terpapar Covid-19, Uskup Ruteng Dirawat di RS St Carolus Borromeus Jakarta

Uskup Ruteng,Mgr Siprianus Hormat saat berada di Bandara Udara Frans Sales Lega Ruteng untuk diberangkatkan ke Jakarta, Jumat (30/7).

Gerasimos Satria

 

Uskup Ruteng,Mgr Siprianus Hormat,Pr dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil Rapid Test Antigen.

Mgr Sprianus Hormat memutuskan berangkat ke Jakarta,Jumat (30/7) siang, untuk perawatan di Rumah Sakit Carolus Borromeus Jakarta, agar kondisi sakit dan penyakit Uskup Ruteng itu mudah terpantau dan tertangani dengan baik.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Menggarai, Lodovikus D. Moa
menyampaikan Uskup Ruteng Mgr. Sipri Hormat, terinveksi Covid-19, sehingga diberangkatkan ke Jakarta dengan ambulans udara melalui bandara Frans Sales Lega Ruteng,Kabupaten Manggarai, NTT. Keputusan untuk dirawat di Rumah Sakit Carolus Borromeus merupakan keputusan Uskup Mgr Sipri Hormat.

Dia menyampaikan pasca Mgr Sipri Hormat mengetahui hasil  Rapid Test Antigen,Rabu 28 Juli 2021 lalu, ia kemudian berkonsultasi dengan dokter Khusus di Jakarta, dokter spesialis Jantung  bahwa diketahui Mgr Sipri Hormat mengidap penyakit jantung komorbid dan atas saran dokter Spesialis Jantung,maka harus dirawat di Jakarta.

Dia merincikan pada Rabu, 28 Juli 2021 lalu, Uskup Ruteng mengalami gejala sakit,sepeti batuk yang disertai menggigil. Mgr Sipri Hormat kemudian melakukan Rapid test antigen dan hasil pemeriksaan, Mgr Sipri Hormat terkonfirmasi Positif Covid-19.

Lodovikus Moa mengatakan, keadaan Mgr Sipri Hormat selama dua hari terakhir sebelum dan setelah menjalankan pemeriksaan Rapid antigen dan pada saat beliau diantar ke Jakarta dalam kondisi baik dengan  gejala sakit yang ringan. Mgr Sipri Hormat juga sudah mendapatkan obat-obatan, baik dari Puskesmas dan juga obat-obatan yang diresepkan khusus oleh dokter Spesialis Jantung.

“Mempertimbangkan riwayat penyakit yang dialami Bapa Uskup, Mgr Sipri yakni Komorbid Jantung, dan atas saran Dokter Spesialis Jantung, Mgr Sipri Hormat akhirnya memutuskan untuk menjalankan perawatan dan pengobatan di Rumah Sakit Santo Carolus Borromeus Jakarta,”kata Lodovikus Moa.

Hal senada disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Keuskupan Ruteng, Romo Agustinus Manfred  Habur,Pr yang dikonfirmasi menyampaikan Uskup Ruteng Mgr Sipri Hormat dirawat di Rumah Sakit Carolus Borromeus atas saran Dokter Jantung pada rumah sakit tersebut.

Dia meminta umat keuskupan Ruteng untuk tetap tenang dan tetap beraktivitas seperti biasanya.Mgr Sipri Hormat dipastikan akan tetap mendapat perawatan yang maksimal dari pihak Rumah Sakit Carolus Borromeus di Jakarta. (Yan/ol)

Leave a Comment