Tim Satgas Covid-19 Kelurahan Liliba Gelar Razia Masker

Tim Satgas Covid-19 Kelurahan Liliba melakukan razia masker di wilayah tersebut, Rabu (23/6). Foto: Mutiara Malehere vn.

Mutiara Malehere

 

Demi mencegah peningkatan kasus Covid-19 di wilayah Kota Kupang, Tim Satgas Covid-19 Kelurahan Liliba melakukan operasi masker sekaligus sosialisasi penerapan protokol kesehatan, Rabu (23/6).

Pantauan VN di depan Kantor Kelurahan Liliba, Tim Satgas Covid-19 Kelurahan Liliba merazia sejumlah pengguna jalan yang tidak menggunakan masker. Kegiatan razia dipimpin Lurah Liliba, Viktor Makoni, Bhabinkamtibmas Liliba, Bripka Andri Non, Babinpotdirga Serka Deni Steven Nggili, bersama perangkat LPM, RT dan RW berjaga di ruas jalan Taebenu.

Sejumlah pengguna jalan yang tidak menggunakan masker terjaring dalam razia itu kemudian perangkat Tim Satgas Covid-19 memberikan teguran lisan, dan membagikan masker kepada masyarakat pengguna jalan. Bukan saja pengendara roda dua, tim Satgas Covid-19 Liliba juga memberikan teguran kepada pengendara roda empat yang tidak menggunakan masker.

Lurah Liliba, Viktor Makoni juga memberikan sanksi sosial berupa push-up kepada beberapa pengguna jalan yang tidak memakai masker.

Salah satu pengguna jalan bernama Wendi mengatakan bahwa dirinya lupa membawa masker saat berangkat ke tempat kerja.
“Saya terburu-buru berangkat ke tempat kerja sehingga lupa memakai masker, dan saya mengaku salah,” ungkap Wendi.

Lurah Liliba, Viktor Makoni mengatakan sebagai Kelurahan Tangguh Covid-19 pihaknya telah melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kami selalu bekerja keras sejak awal Covid-19 dan (Sejak) belum ada peraturan pemerintah sehingga kami tetap konsisten bekerja hingga mendapat predikat sebagai Kelurahan Tangguh Covid-19,” ujar Viktor.

Terkait masih banyak pelanggar prokes yang terjaring razia, menurut Lurah Makoni, semuanya berasal dari luar Liliba yang pergi ke tempat kerja melintasi ruas Jalan Taebenu, sedangkan khusus 90 persen warga Liliba sudah tertib protokol kesehatan terutama selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah.

“Banyak masyarakat dari luar Kelurahan Liliba yang melintas di ruas Jalan Taebenu pergi ke tempat kerja, kampus, maupun sekolah dan sebagian besar di antaranya tidak tertib prokes, sedangkan khusus warga Liliba sudah mengerti akan bahaya Covid-19 sehingga akan memakai masker saat berada di luar rumah tanpa menunggu arahan atau paksaan dari petugas,” tambah Lurah Viktor.

Bhabinkamtibmas Liliba, Bripka Andri Non mengatakan bahwa TNI-Polri melalui Bhabinkamtibmas dan Bhabinpotdirga terus bersinergi dengan Tim Satgas Kelurahan Liliba memerangi Covid-19 dan terbukti hingga saat ini Liliba mendapat predikat Kelurahan Tangguh Covid-19.

“Kami terus bekerja melawan Covid-19 dengan melibatkan semua unsur Polri, TNI, Perangkat Kelurahan serta masyarakat bahkan kami tidak menyangka mendapat penilaian khusus dari Pimpinan Kapolri serta Kelurahan Liliba mendapat predikat Kelurahan Tangguh Covid-19,” ungkap Andri.

Terkait pemberian sanksi, lanjut Andri, hingga saat ini pimpinan TNI Polri tidak pernah memberikan sanksi sehingga Lurah Liliba yang mengambil alih memberikan sanksi sosial kepada masyarakat yang melanggar prokes. (Yan/ol)

Leave a Comment