TNI Distribusi Bantuan Beras Yayasan Budha Suci kepada 2000 KK

Tampak seorang Babinsa menyerahkan bantuan beras Yayasan Budha Suci kepada warga di Kabupaten TTU, belum lama ini. Foto: istimewa

Gusty Amsikan

Kodim 1618/TTU kembali mendistribusikan 20 ton beras bantuan dari Yayasan Budha Suci kepada masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), NTT yang membutuhkan.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi, kepada media ini, Minggu (26/9) di Kefamenanu.

Junaidi mengatakan, pihaknya mendistribusikan beras bantuan dari Yayasan Budha Suci sebanyak 20 ton. Beras tersebut akan dikemas dalam paket 10 kilogram dan akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Kurang lebih 2.000 masyarakat yang terdampak maupun tidak terdampak covid-19 akan menjadi sasaran penerima bantuan beras tersebut.

Menurut Junaidi, sebelumnya juga didistribusikan beras bantuan dari Panglima TNI yang dikemas dalam paket 5 kilogram. Paket beras tersebut disalurkan kepada masyarakat yang terdampak pandemi. Sementara bantuan beras dari Yayasan Budha Suci disalurkan kepada semua masyarakat yang membutuhkan baik yang terdampak pandemi maupun tidak terdampak pandemi.

Saat ini, jelas Junaidi, proses distribusi bantuan beras dari Yayasan Bunda Suci baru mencapai sekitar 23 persen. Sementara sisa 68 persen lainnya masih belum didistribusikan. Sekarang masih berproses kira-kira 23 persen. Proses distribusi dilakukan melalui masing-masing koramil yang ada di wilayah Kodim 1618/TTU. Proses distribusi beras bantuan tersebut diperkirakan akan tuntas pada pekan depan.

“Sistem pendataan penerimanya dilakukan oleh Babinsa sesaat sebelum beras datang. Babinsa telah mengantongi data masyarakat di wilayahnya yang telah memperoleh jatah beras lima kilogram dari Panglima. Jadi, untuk kali ini bantuan beras akan disalurkan kepada masyarakat yang belum terjangkau bantuan sebelumnya,”jelas Junaidi.

Ia menambahkan seluruh data yang telah dihimpun oleh Babinsa akan diserahkan kepada Koramil setempat sebagai dasar untuk mengambil dan mendistribusikan beras bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Bantuan beras ini dibagikan kepada masyarakat sesuai data awal. Bagi yang sudah mendapat jatah dari Panglima tidak mendapat lagi. Ini dilakukan agar ada pemerataan, karena ada banyak yang membutuhkan,”pungkasnya.

Salah warga penerima bantuan, Maria, menyampaikan terimakasih kepada Yayasan Budha Suci, atas kepeduliannya terhadap masyarakat di Kabupaten TTU. Bantuan yang disalurkan melalui Kodim 1618/TTU sangat membantu masyarakat di situasi pandemi ini.

“Kami merasa sangat terbantu atas kepedulian dari Yayasan Budha Suci yang didistribusikan oleh TNI. Trimakasih atas kepeduliannya,” ungkapnya. (Yan/ol)

Leave a Comment