TNI-Polri Rutin Patroli PPKM, Banyak Masyarakat Belum Patuh Protkes

Tim gabungan saat melakukan penertiban di Terminal Kefamenanu. Foto: Gusty/VN
Tim gabungan saat melakukan penertiban di Terminal Kefamenanu. Foto: Gusty/VN

Gusty Amsikan

Polres Timor Tengah Utara (TTU) bersama Kodim 1618/TTU rutin menggelar patroli gabungan dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berskala Mikro di wilayah Kabupaten TTU. Patroli gabungan tersebut digelar rutin, siang dan malam hari.

Patroli dilakukan dari Kantor Bupati TTU, Perempatan Tulip, seputaran Terminal Kefamenanu, Pasar Baru, warung, pertokoan dan fasilitas umum lainnya.

Dalam operasi gabungan tersebut masih banyak pedagang, pengunjung dan pelintas jalan yang belum mematuhi protokol kesehatan, tidak memakai masker dan masih berkerumun.

Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi yang juga Wakil Ketua II Satgas Covid-19 Kabupaten TTU kepada VN, Rabu (14/7) mengatakan patroli digunakan untuk menegakkan protokol kesehatan sekaligus memantau suasana dan kondisi Kota Kefamenanu.

Para personil memberikan imbauan kepada masyarakat pemilik toko, kios, dan tempat makan agar tertib prokes. Saat malam hari pihaknya mengimbau warga segera menutup aktivitas di tempat usaha masing-masing pada jam malam yang telah ditetapkan sesuai instruksi Bupati TTU Nomor 4 tahun 2021.

“Dalam operasi di lapangan, masyarakat banyak yang belum mematuhi protokol kesehatan. Pada saat kita mengimbau mereka pakai masker, setelah kita lewat mereka buka masker. Fakta ini lah yang kami temukan di lapangan,”ungkap Junaidi.

Hal senada disampaikan Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas. Ia menjelaskan melaksanakan patroli Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berskala Mikro di wilayah Kota Kefamenanu. Patroli tersebut dilakukan rutin siang dan malam.

Patroli gabungan tersebut akan rutin dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran covid-19 di wilayah Kota Kefamenanu dan Kabupaten TTU secara keseluruhan.

Turut hadir dalam patroli bersama tersebut, , Kabag Ops Polres TTU, AKP Joni Simon, Kasatlantas Polres TTU, AKP Firamudin, Plh Pasi Ops Kodim 1618/TTU dan KBO Binmas Polres TTU serta anggota gabungan. (bev/ol)

Leave a Comment