Vaksin Moderna dan Pfizer Siap Diberikan bagi Masyarakat Umum

Putra Bali Mula

 

Vaksin jenis Moderna dan Pfizer kini mulai digunakan untuk melayani masyarakat umum.

Vaksin Moderna yang awalnya hanya digunakan sebagai booster untuk tenaga kesehatan kini siap diberikan kepada masyarakat umum. Selain Moderna, vaksin Pfizer juga diperuntukkan bagi masyarakat umum.

Vaksin Moderna juga memiliki aturan pemakaian yang sama dengan vaksin Astra Zeneca dan Sinovac yaitu wajib diberikan dua kali kepada setiap penerima. Begitu juga dengan vaksin jenis Pfizer.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Retnowati, pada Rabu (13/10) menyampaikan hal ini. Namun ia menyebut minat atau antusias masyarakat terhadap dua jenis vaksin ini masih sangat kurang.

“Sesuai dengan laporan yang diterima, vaksin Moderna dan Pfizer ini tidak diminati masyarakat, dengan alasan takut dan lainnya. Memang vaksin ini baru dipakai di Kota Kupang untuk melayani masyarakat umum,” katanya.

Retnowati menjelaskan, Vaksin Moderna dan Pfizer sudah masuk ke gudang farmasi Dinas Kesehatan Kota Kupang beberapa hari lalu. Dinas Kesehatan juga sudah mulai mendistribusikan ke semua Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang ada di Kota Kupang termasuk 11 puskesmas.

Retnowati katakan, masyarakat tidak perlu khawatir akan efek dari vaksin tersebut. Ia menjelaskan sebenarnya efektivitas dari vaksin itu menunjukkan reaksi terhadap tubuh.

“Kalau reaksinya ada berarti baik untuk tubuh, jadi masyarakat tidak perlu khawatir, karena semua jenis vaksin yang ada di Indonesia semuanya sudah diuji sesuai dengan tahapan yang berlaku,” terangnya.

Capaian vaksinasi di Kota Kupang sendiri sudah mencapai 80,18 persen dosis pertama atau sebanyak 267.532 orang sudah divaksin. Sementara dosis kedua mencapai 48,55 persen atau sebanyak 161.989 orang sudah divaksin dosis dua.

Data ini merupakan data update capaian vaksinasi covid-19 pada Selasa 12 Oktober 2021. (Yan/ol)

Leave a Comment