Wapres Luncurkan Program Vaksinasi Bagi Anak, Ibu Hamil, dan Ibu Menyusui

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meluncurkan program vaksinasi bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak usia 12-18 tahun yang sangat rentan terhadap pandemi Covid-19.

Peluncuran ini dilakukan Wapres dalam acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-28 Tahun 2021, Selasa (29/06).

Ia mengatakan vaksinasi merupakan salah satu upaya menghadapi pandemi Covid-19. Target 1-2 juta vaksinasi per hari sesuai dengan penetapan Preside diharapkan bisa tercapai.

Ia mengapresiasi Kepala Badan POM dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang dalam waktu singkat dapat mengeluarkan rekomendasi pemakaian vaksin produksi PT Bio Farma untuk digunakan pada anak usia 12-18 tahun.

“Keputusan ini sangat tepat mengingat mortalitas penderita Covid-19 usia 10-18 cukup tinggi yaitu 30%,” ujarnya.

Rekomendasi pemberian vaksin untuk ibu hamil juga telah diberikan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Rekomendasi pemberian vaksin terutama pada ibu hamil beresiko tinggi yaitu usia di atas 35 tahun, memiliki BMI di atas 40, dengan komorbid diabetes dan hipertensi, serta tenaga kesehatan yang sedang hamil.

“Kita masih menunggu rekomendasi dari Badan POM,” urainya.

Sementara ibu hamil dengan resiko rendah bisa mendapatkan vaksin setelah berkonsutasi dengan dokter dan bersedia divaksin. (bev/ol)

Leave a Comment