Warga Kota Sibuk Pesta, 17 Kelurahan Naik Status Zona Merah

Situasi pesta wisuda di wilayah Oesapa, Kota Kupang.
Situasi pesta wisuda di wilayah Oesapa, Kota Kupang

Putra Bali Mula

Beberapa waktu terakhir warga Kota Kupang masih menggelar pesta. Sementara dalam sepekan belakangan jumlah warga yang terpapar COVID-19 terus meningkat. Kini 17 kelurahan naik status jadi zona merah.

Pantauan VN di wilayah Oesapa pada Rabu malam (30/6) misalnya, terdapat syukuran wisuda yang melanggar protokol kesehatan di beberapa titik di kelurahan itu. Beberapa waktu sebelumnya, pada 25 Juni lalu, warga Kota Kupang juga menggelar pesta pernikahan di sejumlah wilayah di Kota Kupang.

Sementara dalam Surat Edaran Wali Kota Kupang tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro disebutkan soal larangan penyelenggaraan pesta maupun syukuran dalam bentuk apapun di wilayah kelurahan yang berzona merah.

PPKM Skala Mikro ini diteken oleh Wali Kota Kupang untuk diberlakukan hingga dengan 5 Juli mendatang dan pihak kelurahan, puskesmas hingga RT dan RW disebut wajib menjalankan tata cara pelaksanaan dan ketentuan dalam edaran itu.

Untuk diketahui hingga saat ini, 17 kelurahan di Kota Kupang naik statusnya menjadi wilayah zona merah.

Berdasarkan data per Rabu, 30 Juni 2021, pukul 16.00 WITA terdapat penambahan 61 orang terkonfirmasi positif COVID-19. Dengan begitu total kasus terpapar di Kota Kupang sebanyak 7.459 orang.

Untuk yang masih dirawat sebanyak 424 orang atau naik sebanyak 60 orang dan yang sembuh sebanyak 6.851 orang atau hanya bertambah 1 orang. Untuk yang meninggal sebanyak 236 orang dengan rincian yang terkonfirmasi sebanyak 184 orang, probable sebanyak 38 orang dan suspek sebanyak 14 orang.

“Jumlah ini merupakan perbandingan dari kemarin Selasa, 29 Juni 2021 dengan hari Rabu, 30 Juni 2021,” ujar Ernest Ludji Jubir Satgas Covid-19 Kota Kupang. (bev/ol)

Leave a Comment