Warga Membludak untuk Vaksin, Direktur Poltekes Kupang Minta Maaf

Warga membludak di depan Kampus Farmasi Poltekes Kupang. Foto: Yapi/VN
Warga membludak di depan Kampus Farmasi Poltekes Kupang. Foto: Yapi/VN

Yapi Manuleus

Membludaknya warga yang datang untuk mengikuti kegiatan vaksinasi di Kampus Poltekes Kemenkes Kupang pada Rabu (14/7) membuat publik terusik. Beredar video dan foto di media sosial yang menunjukan situasi yang tak terkontrol dan berpotensi menimbulkan kluster baru karena warga berdesak-desakan tak mempedulikan prokes dan nyaris ricuh.

Atas masalah ini, Direktur Poltekes Kemenkes Kupang Dr. R. H. Kristina yang dikonfirmasi awak media di lokasi tersebut minta maaf atas kejadian itu.

Ia mengaku salut dengan antusiasme masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin namun kejadian hari ini di luar dugaan.

Menurutnya, selama ini pelayanan vaksinasi di Kampus Poltekes selalu berjalan baik dan tidak ada penumpukan masa.

“Kami tidak punya tiket karena selama ini baik-baik saja. Sejak bulan Januari sampai bulan Mei kami sudah layani sebanyak 3.500 orang dari tiap-tiap instansi, namun semuanya aman-aman saja,” katanya.

Sehingga ketika pihak Poltekes membuka peluang untuk masyarakat umum ternyata respon masyarakat Kota Kupang di luar dugaan.

“Kami mohon maaf sekali karena Pak Kapolres turun tangan sendiri. Bapak Wali Kota juga datang sendiri karena tidak mau kerumunan masa jadi kami janji akan atur kembali,” ujarnya.

Ia berjanji pihaknya akan mengatur ulang pelayanan vaksin di kampus tersebut. Setiap hari hanya diperuntukan bagi 200 orang. (bnev/ol)

Leave a Comment